//

PENGARUH β-CHITOSAN GLADIUS CUMI-CUMI (LOLIGO SP.) TERHADAP DURASI PERDARAHAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meutia Hafrida Hanafiah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nama : Meutia Hafrida Hanafiah Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh β-chitosan Gladius Cumi-cumi (Loligo sp.) terhadap Durasi Perdarahan Perdarahan merupakan salah satu komplikasi yang paling sering terjadi pasca prosedur perawatan gigi. Chitosan merupakan salah satu biopolimer alami yang telah diteliti sebagai agen hemostat yang efektif, namun belum ada penelitian yang melaporkan tentang pengaruh β-chitosan yang berasal dari cumi-cumi (Loligo sp.) sebagai agen hemostat saat perdarahan. Penelitian ini merupakan eksperimental laboratoris yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh β-chitosan gladius Loligo sp. terhadap durasi perdarahan. Enam belas ekor tikus putih galur Wistar (Rattus norvegiccus) jantan berusia 10 minggu dengan berat 150-200 gram dibagi dalam 2 kelompok secara acak, yaitu 8 ekor pada kelompok kontrol tanpa aplikasi β-chitosan dan 8 ekor pada kelompok perlakuan dengan aplikasi β-chitosan. Gladius Loligo sp. diproses dengan teknik deasetilasi temperatur rendah dengan menggunakan alkalin untuk mendapatkan β-chitosan. Prosedur penelitian dilakukan dengan menginsisi bagian labial gingiva mandibula sepanjang 5 mm hingga mencapai tulang alveolar dibawah pengaruh kombinasi dua anestesi, yaitu ketamine dan xylazine secara intramuskular. Sampel kelompok perlakuan segera diaplikasikan β-chitosan. Blotting paper diletakkan didekat luka insisi untuk menyerap darah tanpa mengganggu pembentukannya dan durasi perdarahan dihitung dengan chronometer. Data yang didapat berupa rerata durasi perdarahan pada setiap kelompok. Durasi perdarahan pada kelompok kontrol adalah 109,25 detik dan pada kelompok perlakuan adalah 73,63 detik. Data dianalisis dengan menggunakan uji t tidak berpasangan. Hasil uji analisis statistik dengan nilai signifikansi p=0,007 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA) DALAM MEREDUKSI FORMALIN PADA CUMI-CUMI (LOLIGO INDICA) ASIN (Irma Haryani , 2016)

IDENTIFIKASI PARASIT PADA CUMI–CUMI (LOLIGO SPP.) PADA TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) LAMPULO KOTA BANDA ACEH (RESTY FAUZANA RAHMAN, 2016)

PENGARUH β-CHITOSAN GLADIUS CUMI-CUMI (LOLIGO.SP) TERHADAP JUMLAH FIBROBLAS GINGIVA TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN SECARA HISTOPATOLOGIS (Nur Hazizah, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) TERHADAP PENURUNAN KADAR FORMALIN PADA CUMI-CUMI ASIN (LOLIGO SP) DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (Silviani, 2018)

IDENTIFIKASI TITIK AWAL PENCEMARAN FORMALIN PADA CUMI-CUMI (CEPHALOPODA) DARI PENDARATAN IKAN, MUGE,RN DAN PASAR DI WILAYAH KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (Fakhrol Azri S,kh, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy