//

PERILAKU DAN ANALISA KEKUATAN PANEL PRACETAK FERROFOAM CONCRETE YANG DIBEBANI LENTUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulfan Effendi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Industri konstruksi masih tergantung dengan metode konstruksi konvensional, dimana pelaksanaannya dilakukan di lokasi. Konsep konstruksi konvensional harus mulai dicarikan alternatif pengganti. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode panel pracetak. Konstruksi panel pracetak biasanya menggunakan beton normal, kelemahan beton normal bobot terlalu berat, akibatnya dalam pemasangan memerlukan mobilisasi-demobilisasi alat berat (crane). Penggunaan beton ringan pada konstruksi pracetak dapat menyelesaikan beberapa masalah di atas. Salah satu jenis beton ringan yang digunakan adalah beton ringan busa. Penggunaan beton ringan busa pada konstruksi panel pracetak memudahkan dalam pengerjaan dilapangan, mampu diangkat oleh tenaga kerja, kebutuhan alat berat (crane) dalam memindahkan dan memasang dapat diminimalisir. Tujuan penelitian untuk mengetahui perilaku dan analisa kapasitas panel pracetak ferrofoam concrete yang dibebani lentur. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian lentur beton ringan busa orientasi pembebanan LU dan LN. Dimensi benda uji dengan panjang 2200 mm, lebar 600 mm dan 500 mm, tinggi 120 mm dan 80 mm, tebal 30 mm. Mix design beton berdasarkan berat jenis yaitu 1600 kg/m3 dengan FAS 0,4 dan mutu rencana 21 MPa. Hasil penelitian adalah tinggi penampang meningkatkankan kapasitas yang diakibatkan pengaruh pada momen inersia dan lengan momen dalam. Lebar penampang tidak meningkatkan kapasitas yang signifikan. Secara keseluruhan berdasarkan oerientasi pembebanan, panel LU lebih besar disbanding panel LN. Dengan penambahan rasio tulangan tarik sebesar 1,25% meningkatkan kapasitas panel. Model keruntuhan panel LU secara keseluruhan adalah keruntuhan geser dan LN keruntuhan lentur geser. Daktilitas orientasi pembebanan panel LN lebih baik dibandingkan LU, penambahan rasio tulangan tarik sebesar 1,25% mengakibatkan terjadinya penurunan daktilitas, ditandai oleh gaya desak beton yang sudah terlampaui. Kata Kunci :Ferrofoam Concrete, Panel Pracetak, Perilaku dan Kapasitas Lentur, Model keruntuhan dan Daktilitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU LENTUR PLAT LANTAI PRACETAK BETON RINGAN BERTULANG (Zulham, 2016)

PERILAKU DAN ANALISA KEKUATAN PANEL PRACETAK FERROFOAM CONCRETE YANG DIBEBANI LENTUR (Zulfan Effendi, 2016)

PERILAKU LATERAL STRUKTUR DINDING PANEL PRACETAK FERROFOAM CONCRETE (Dessy Salsabila, 2018)

ANALISIS PERILAKU DAN KEKUATAN PANEL PRACETAK FERROFOAM CONCRETE DENGAN BENTUK KONFIGURASI U YANG DIBEBANI LENTUR (Rifqy Tahdzir, 2017)

PERILAKU LATERAL PORTAL BETON BERTULANG BERISI DINDING BATA MERAH DAN DINDING PRACETAK FERROFOAM CONCRETE (MUTIA INTAN SARI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy