//

INTENSITAS PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DIKAITKAN DENGAN JENIS NARKOTIKA YANG DISALAHGUNAKAN (SUATU PENELITIAN DI POLRES PIDIE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ridha Agusyani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK RIDHA AGUSYANI 2016 INTENSITAS PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DIKAITKAN DENGAN JENIS NARKOTIKA YANG DISALAHGUNAKAN Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (iv, 56) pp., tbl., bibl. (Dr Mohd. Din, S.H., M.H.) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika telah mengatur ancaman pidana bagi penyalahguna berdasarkan golongan Narkotika yang di salahgunakan di dalam Pasal 127 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 sudah jelas melarang keras penyalahgunaan narkotika serta memberi hukuman berat bagi pelaku. Akan tetapi masih banyak dikalangan masyarakat yang masih menyalahgunakan Narkotika bahkan intensitas penyalahgunaan Narkotika semakin tinggi dari tahun ke tahun, terumama Narkotika jenis Shabu-sabu, padahal di aceh sendiri lebih identik dengan tanaman ganjanya bahkan Aceh dikatakan ladangnuya ganja. Tujuan penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui bagaiman intensitas penyalahgunaan narkotika, jenis-jenis narkotika yang disalahgunakan, penyebab narkoba jenis sabu lebih banyak dipergunakan daripada ganja, serta untuk mengetahui upaya apakah yang dilakukan dalam menanggulangi yang menyalahgunakan narkotika. Pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini dilakukan penelitian kepustakaan (library research) yaitu memperoleh data sekunder dengan cara mempelajari literatur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sesuai dengan masalah yang dibahas, kemudian penelitian lapangan (field reaserch) yaitu metode data primer melalui wawancara responden dan informan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa intensitas penyalahgunaan narkotika saat ini semakin menunjukkan eksistentinya dan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Peredaran narkoba di wilayah pidie sudah sangat mengkhawatirkan, karena tidak hanya menyasar masyarakat umum tapi juga sudah merambah secara luas ke anak-anak dan siswa sekolah. Dari sekian banyak jenis narkotika yang beredar saat ini, yang lagi tren yakni sabu-sabu di kalangan pemakai, selanjutnya ganja dan jenis narkoba lainnya, hal ini disebabkan sabu-sabu lebih mudah dipakai dan untuk mendapatkannya juga mudah. Upaya penanggulangan yang dilakukan adalah upaya preventif dengan memberi penyuluhan bahayanya narkotika kepada masyarakat luas dan sekolah kemudian upaya represif dengan memutus peredaran gelap, mengungkap jaringan sindikat narkotika, mengungkap motif narkotika, memberi sanksi pidana sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Disarankan untuk meningkatkan dan tidak berhenti dalam upaya penanggulangan narkotika, untuk keluarga yang mengetahui anggota keluarganya menggunakan narkotika bukan sebagai pengedar agar menyerahkan anggota keluarganya secara baik- baik kepihak yang berwenang, bagi Unit Pelaksanaan Teknis baik lapas atau rutan agar memberikan pembinaan dan bekal pengetahuan ketrampilan kepada para tahanan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAN PENANGGULANGAN PENGEDARAN NARKOTIKA GOLONGAN I JENIS GANJA (SUATU PENELITIAN WILAYAH HUKUM POLRES ACEH BESAR) (T. Edi Satria, 2017)

PENANGANAN HUKUM TERHADAP ANGGOTA KEPOLISIAN 2018 YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENYALAH GUNAAN (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM POLRES PIDIE) (DESKI RAJUNI, 2018)

APLIKASI KONTROL OPTIMAL PADA MODEL PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DENGAN MELIBATKAN JUMLAH KEMATIAN (THAIBIL ANWAR, 2016)

PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA JENIS SABU OLEH PEGAWAI NEGERI SIPIL (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM POLRESTA BANDA ACEH) (Widya Putri, 2018)

KENDALA-KENDALA BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) DALAM PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI KOTA BANDA ACEH (Ira Helfiza, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy