//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE DI MTSN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Sasalia S - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sasalia S, Putri. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan E-learning Berbasis Website di MTsN Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing : (1) Drs. BainuddinYani S, M.S., M.Pd., (2) Mukhlis Hidayat, S.Pd., M.Kom. Kata kunci: E-learning, System Development Life Cycle, Technology Acceptance Model E-learning merupakan salah satu aplikasi pembelajaran yang memberikan akuisisi pengetahuan, pengalaman, dan ketarampilan bagi pengguna. Penggunaan e-learning telah menjadi solusi dari keterbatasan proses pembelajaran. Untuk meningkatkan proses pembelajaran tersebut berbasis aplikasi telah banyak dilakukan. Namun demikian, masih terdapat beberapa sekolah di kota Banda Aceh khususnya MTsN 1 Banda Aceh yang belum mengunakan e-learning tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan aplikasi e-learning di MTsN Banda Aceh. Penelitian ini merupakan salah satu penelitian pengembangan menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC) .Tahapan pengembangan e-learning menggunakan SDLC tersebut dimulai dari fase perencanaan, fase analisis, fase disain, fase implementasi dan fase dukungan menggunakan penilaian TAM. Hasil penelitian untuk tahap perencanaan program dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan pengguna, fasilitas, serta konten pembelajaran. Kemudian fase analisis mengkaji tentang penyusunan materi, soal serta media pembelajaran. pada fase perancangan e-learning dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Moodle. Untuk fase implementasi e-learning dapat dijalankan pada laman http://b-learning.id/moodle. Fase terakhir akan dinilai pada fase pengujian dinilai keunggulan dari e-learning tersebut, baik dari fungsi menu, gambar dan komponen-komponen sistem lainnya. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan penilaian Technology Acceptance Model (TAM) menunjukkan bahwa lebih dari 85% pengguna merasa “sangatsetuju”. Dengan demikian pengembangan aplikasi e-learning dapat di terima dan dikembangkan di MTsN.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DI SD MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DISERTAI VIDEO PEMBELAJARAN (Novi Yanti, 2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Siska Adilla, 2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Nurul Ayuni, 2018)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA (Suci Mahya Sari, 2016)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN ETNOMATEMATIKA (Sera Delta Tanjung, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy