//

ANALISIS KAPASITAS LENTUR BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI MENGGUNAKAN KERAK BOILER CANGKANG SAWIT DAN PASIR POZZOLAN SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT HALUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Andy Maulana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kerak boiler cangkang sawit dan pasir pozzolan adalah beberapa bahan yang pemanfaatannya masih cenderung terbatas didalam teknologi beton khususnya di Aceh. Kerak boiler cangkang sawit merupakan limbah yang jumlahnya melimpah, memiliki sifat kekerasan sehingga baik digunakan pada campuran beton, sedangkan pasir pozzolan memiliki berat jenis lebih kecil dari pada agregat sehingga bisa didapat struktur yang lebih ringan dan dapat mengurangi beban gempa pada konstruksi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kapasitas lentur balok (BBMT) yang yang menggunakan substitusi kerak boiler cangkang sawit dan pasir pozzolan meliputi beban retak pertama, lendutan, regangan pada baja dan beton, beban maksimum, serta pola kehancuran. Pada penelitian ini dibuat 3 buah balok BBMT berukuran 15 x 30 x 220 cm yang didesain agar mengalami keruntuhan lentur. Faktor Air Semen (FAS) 0,3, mutu baja (fy) yang digunakan sebagai tulangan pokok sebesar 437,167 MPa, dan tulangan geser sebesar 374,715 MPa. Tulangan tekan 2D11,9 mm, tulangan tarik 4D15,8 mm, dan tulangan geser D11,9-100 mm. Material penyusun beton berupa semen portland tipe I, agregat kasar, agregat halus (pasir), kerak boiler cangkang sawit dengan persentase 20% dan pasir pozzolan dengan persentase 10% sebagai substitusi agregat halus yang diperoleh dari hasil pengujian mekanis oleh peneliti lain dalam kelompok penelitian ini, serta admixture yaitu superplasticizer tipe polycarboxilate ether (ViscoCrete 10) sebanyak 1,5% dari berat semen. Hasil penelitian laboratorium diperoleh nilai kapasitas lentur balok BBMT-Normal sebesar 25,17 ton dengan lendutan 23,14 mm, balok BBMT-CSAH sebesar 25,45 ton dengan lendutan 20,66 mm, dan balok BBMT-PPAH sebesar 26,2 ton dengan lendutan 41,28 mm. Persentase perbandingan nilai daktilitas balok BBMT-CSAH dan BBMT-PPAH terhadap balok BBMT-Normal mengalami peningkatan sebesar 1,209% dan 1,359%. Dapat disimpulkan bahwa balok BBMT-PPAH menghasilkan kapasitas lentur yang lebih baik dan lebih bersifat daktil.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KAPASITAS LENTUR BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI MENGGUNAKAN KERAK BOILER CANGKANG SAWIT DAN PASIR POZZOLAN SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT HALUS (Andy Maulana, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN KERAK BOILER CANGKANG SAWIT SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TARIK DAN KUAT GESER BETON MUTU TINGGI (MUHAMMAD IMAM PRATAMA, 2016)

PENGARUH SUBSTITUSI ADITIF DAN AGREGAT TERHADAP KUAT TEKAN BETON MUTU TINGGI YANG DIRENDAM PADA AIR TAWAR, AIR ASIN, DAN DITANAM DI DALAM TANAH (Candra Pazlan, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN SUBSTITUSI ADITIF, AGREGAT HALUS, AGREGAT KASAR DAN PENAMBAHAN FILLER BIJIH BESI TERHADAP KUAT TEKAN DAN DAKTILITAS BETON MUTU TINGGI HYBRID (Fauzan Z, 2017)

ANALISIS KAPASITAS GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN CANGKANG SAWIT SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT KASAR (CUT ZARA HALLA SAJIDA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy