//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB COST OVERRUN PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Roja Sentosa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pada pelaksanaan proyek konstruksi di Kabupaten Aceh Besar, pada umumnya mengalami sejumlah permasalahan yang salah satunya adalah pembengkakan biaya pelaksanaan atau lebih sering dikenal dengan istilah cost overrun. Cost Overrun merupakan biaya aktual lebih besar dari biaya yang direncanakan dan dialami oleh pihak owner ataupun pihak kontraktor. Pada penelitian ini difokuskan pada cost overrun yang dialami oleh pihak kontraktor, dimana total biaya aktual lebih besar dari Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP). Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang berkontribusi menyebabkan terjadinya cost overrun pada pelaksanaan proyek kontsruksi di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dominan penyebab terjadinya cost overrun pada pelaksanaan proyek konstruksi di wilayah Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data dengan cara pengisian kuesioner sebagai instrumen penelitian dengan menggunakan skala Likert, kuesioner ditujukan kepada pihak kontraktor yang berdomisili di Kabupaten Aceh Besar. Manfaat penelitian ini diharapkan berguna dan memberikan informasi bagi pimpinan perusahaan kontraktor dalam meningkatkan pelaksanaan proyek konstruksi sehingga bisa menghindari terjadinya cost overrun pada saat pelaksanaan proyek konstruksi. Hasil pengolahan data dan pembahasan yang telah dilakukan, maka telah tercapai tujuan penelitian, yaitu lima faktor dominan yang menyebabkan cost overrun pada proyek konstruksi di Kabupaten Aceh Besar, yakni: Faktor tidak memperhitungkan biaya tak terduga dengan nilai frequency index sebesar 0,784; Faktor keterlambatan kontraktor memulai pekerjaan dengan nilai frequency index sebesar 0,776; Faktor Jauhnya jarak sumber material ke lokasi dengan nilai frequency index sebesar 0,768; Faktor Terlalu banyak proyek yang ditangani dalam waktu yang sama dengan nilai frequency index sebesar 0,764; Faktor Tidak lengkapnya desain pada saat tender dengan nilai frequency index sebesar 0,760. Kata kunci : Cost Overrun, Proyek Konstruksi, Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB COST OVERRUN PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN ACEH BESAR (Roja Sentosa, 2016)

FAKTOR-FAKTOR PENTING PENYEBAB COST OVERRUN PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG PENDIDIKAN DAN KESEHATAN KOTA BANDA ACEH (Cut Rita Kemala, 2016)

ANALISIS PENYEBAB TIME DELAYS DAN COST OVERRUNS DALAM PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Siswanto, 2015)

ANALISIS RISIKO PENAWARAN UNDERESTIMATE COST TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI PROVINSI ACEH (Hamdani, 2016)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGARUH KONFLIK (DISPUTE) TERHADAP KEBERHASILAN PROYEK KONTRUKSI DI PROVINSI ACEH (Rinaldy, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy