//

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA OBAT PELANGSING YANG BERBAHAYA DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BELLA SUKMA PRATIWI - Personal Name

Abstrak/Catatan

i ABSTRAK (Dr. Azhari, S.H., MCL, M.A.) Berdasarkan Pasal 4 huruf a Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, konsumen berhak mendapatkan hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa. Disamping ketentuan di atas, Pasal 4 huruf c UUPK juga menyatakan bahwa konsumen berhak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa . Walaupun secara normatif sudah diatur mengenai perlindungan konsumen namun pada kenyataannya masih ada pelaku usaha yang menyimpang dari ketentuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perlindungan hukum terhadap konsumen sebagai pengguna obat pelangsing yang berbahaya, penyebab pelaku usaha melakukan penjualan obat pelangsing berbahaya yang menimbulkan kerugian bagi konsumen, penyelesaian sengketa hukum tentang perlindungan konsumen yang dilakukan oleh pelaku usaha yang menjual obat pelangsing berbahaya. Untuk memperoleh data dilakukan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data sekunder dengan cara mempelajari peraturan perundang-undangan, buku-buku teks dan teori-teori yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer dengan mewawancarai responden dan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen belum mendapat perlindungan hukum secara maksimal terutama hak-hak konsumen yang terdapat dalam Pasal 4 huruf a dan c. Faktor penyebab pelaku usaha melakukan penjualan obat pelangsing berbahaya adalah tingginya permintaan pasar, ketidaktahuan masyarakat akan bahaya obat pelangsing yang tidak terdaftar pada Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM), kurangnya kesadaran hukum, kurangnya pengawasan dan kurang tegasnya sanksi hukum bagi para pelanggar. Terhadap penyelesaian sengketa tersebut, secara hukum, konsumen berhak melakukan gugatan terhadap pelaku usaha yang menimbulkan kerugian bagi dirinya. Akan tetapi dalam hal ini konsumen tidak melakukan gugatan apapun terhadap pelaku usaha; melainkan hanya berhenti menggunakan obat pelangsing berbahaya tersebut. Disarankan kepada pelaku usaha untuk melaksanakan kewajibannya sesuai dengan ketentuan UUPK terutama menyangkut kewajiban yang dalam Pasal 4 huruf a dan c. Di samping itu konsumen disarankan agar lebih aktif dalam mempertahankan haknya. Kepada BBPOM disarankan agar meningkatkan pengawasan dan pembinaan secara maksimal terhadap pemasaran dan penggunaan obat pelangsing yang berbahaya. BELLA SUKMA PRATIWI, 2016 PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA OBAT PELANGSING YANG BERBAHAYA DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Suatu Penelitian di Kota Banda Aceh) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (v, 61) pp., bibl., app.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KECANTIKAN YANG DIPERDAGANGKAN SECARA ONLINE TERKAIT DENGAN OBAT PELANGSING (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (NATASHA AMELIA, 2017)

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERKAIT PEREDARAN PRODUK KOPI ILEGAL YANG MENGANDUNG BAHAN KIMIA OBAT BERBAHAYA (SUATU PENELITIAN DI KOTA LHOKSEUMAWE) (GIA NASYILA, 2018)

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PASIEN DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (cut cika amelia, 2014)

PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENJUALAN JAMU YANG MENGANDUNG BAHAN BERBAHAYA (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (Arnia Syafitri, 2018)

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMENATAS PENGGUNAAAN KOSMETIK KRIM PEMUTIH BERBAHAYA (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN BAITURRAHMAN, BANDA ACEH) (SYARIFAH SAFFANAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy