//

WANPRESTASI DALAM KONTRAK KERJA KONSTRUKSI (SUATU PENELITIAN PADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN GUNONG KLENG-ALUE PEUNYARENG KABUPATEN ACEH BARAT)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Indah Puti Seruni - Personal Name

Abstrak/Catatan

i ABSTRAK CUT INDAH PUTI SERUNI; WANPRESTASI DALAM KONTRAK KERJA KONSTRUKSI 2016 (Suatu Penelitian pada Pekerjaan Pelebaran Jalan Gunong Kleng-Alue Peunyareng di Kabupaten Aceh Barat) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (iv,55), pp., bibl., app. (Khairani, S.H.,M.Hum) Dalam kontrak kerja konstruksi pelebaran jalan Gunong Kleng-Alue Peunyareng Kabupaten Aceh Barat antara Dinas Bina Marga Kabupaten Aceh Barat dengan PT Cot Goh Jaya, disepakati bahwa jangka waktu penyelesaian pekerjaan adalah 180 hari kalender terhitung sejak dikeluarkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) pada tanggal 15 Juni 2015. Dalam SPMK disebutkan bahwa pekerjaan pelebaran jalan tersebut harus diselesaikan paling lambat pada tanggal 11 Desember 2015. Akan tetapi dalam pelaksanaanya, mengalami beberapa masalah sehingga tidak dapat berjalan sebagaimana yang telah diperjanjikan. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan kontrak kerja konstruksi, bentuk-bentuk wanprestasi dan akibat hukum dari wanprestasi tersebut dalam kontrak kerja konstruksi, dan upaya penyelesaian wanprestasi dalam kontrak kerja konstruksi pelebaran jalan Gunong Kleng-Alue Peunyareng. Data dalam penulisan skripsi ini diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data sekunder yang bersifat teoritis, dan penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer dengan mewawancarai responden yang terlibat dalam kontrak kerja konstruksi pelebaran jalan Jalan Gunong Kleng-Alue Peunyareng. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan kontrak kerja konstruksi ini telah dilakukan addendum terkait perubahan volume pekerjaan. Akan tetapi addendum tersebut tidak menyebabkan adanya penambahan waktu penyelesaian pekerjaan dan tidak merubah nilai kontrak. Dengan demikian, maka terjadinya wanprestasi yang dilakukan oleh pihak penyedia jasa. Bentuk wanprestasi dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi tersebut adalah keterlambatan dalam penyelesaian pekerjaan. Berdasarkan wanprestasi tersebut, upaya hukum yang dilakukan berupa teguran secara lisan maupun tulisan, dan terhadap setiap hari keterlambatan penyelesaian pekerjaan penyedia jasa dikenakan denda keterlambatan sebesar 1/1000 (satu per seribu) dari nilai kontrak yaitu denda selama 5 (lima) hari keterlambatan. Disarankan kepada penyedia jasa agar melakukan pekerjaan sesuai dengan yang telah ditetapkan di dalam kontrak sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal. Disarankan kepada pengguna jasa agar lebih banyak melakukan pengawasan terhadap pekerjaan, serta lebih tegas dalam memberikan teguran kepada pihak penyedia jasa agar tujuan dan pelaksanaan pekerjaan dapat selesai sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan di dalam kontrak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

WANPRESTASI KONTRAK KERJA KONSTRUKSI PENINGKATAN JALAN TANOH MIRAH-GLENG KABUPATEN ACEH BARAT (Resty Wahyuni, 2014)

WANPRESTASI DALAM KONTRAK KERJA KONSTRUKSI ANTARA PT. BERKAH SALIM PERDANA DENGAN DINAS PENDIDIKAN ACEH (SUATU PENELITIAN DI PROYEK PEMBANGUNAN ASRAMA SISWA MTSS TGK. CHIK, KABUPATEN PIDIE) (Rachmad Firdaus, 2018)

WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN KONTRAK KERJA KONSTRUKSI PEMBANGUNAN BANGUNAN BAWAH JEMBATAN ANTARA PT. REKAYASA DENGAN DINAS PEKERJAAN UMUM (PENELITIAN PADA PEMBANGUNAN JEMBATAN DAH DI KEC.RUNDING KOTA SUBUSSALAM) (RIZKITA MAYDA MELALA, 2015)

WANPRESTASI DALAM KONTRAK KERJA KOSTRUKSI REHABILITASI FASILITAS BUMI PERKEMAHAN SEULAWAH SCOUT CAMP DI KABUPATEN PIDIE (Nuryadi, 2015)

PELAKSANAAN PEMUTUSAN KONTRAK KERJA KONSTRUKSI SECARA SEPIHAK (SUATU PENELITIAN PADA PAKET PEKERJAAN PENINGKATAN KAPASITAS JALAN BATAS KOTA TAPAKTUAN-BAKONGAN/BATU HITAM WILAYAH II-12A) (Winni Utari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy