//

PENGARUH SODIUM HIPOKLORIT DAN KLORHEKSIDIN GLUKONAT 2% TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN RESIN AKRILIK HEAT CURED

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang m.erfin febrian - Personal Name
SubjectDENTURES - DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : M.Erfin Febrian Program studi : Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh Sodium Hipoklorit dan Klorheksidin Glukonat 2% Terhadap Kekasaran Permukaan Resin Akrilik Heat Cured Sodium hipoklorit dan klorheksidin glukonat merupakan bahan desinfektan yang efektif untuk membersihkan basis gigi tiruan resin akrilik. Namun kedua bahan tersebut diduga mampu meningkatkan kekasaran pada permukaan resin akrilik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perubahan kekasaran permukaan resin akrilik yang terjadi akibat perendaman pada kedua larutan tersebut. Penelitian ini menggunakan 20 spesimen resin akrilik heat cured QC-20 dengan ukuran 60 x 10 x 2,5 mm yang di polimerisasi menggunakan tekanan. Spesimen tersebut dibagi 2 kelompok perendaman yakni kelompok sodium hipoklorit 2% dan klorheksidin glukonat 2% dengan 10 spesimen masing-masing kelompok. Perendaman dilakukan selama 4 hari mensimulasikan penggunaan desinfektan selama satu tahun. Pengujian kekasaran permukaan dilakukan 2 kali sebelum dan sesudah perendaman dengan alat surface roughness tester dengan ketelitian 0,01µm dengan kecepatan 0,5 mm/s. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis paired t-test dan uji independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kekasaran permukaan resin akrilik heat cured yang signifikan (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LARUTAN KLORHEKSIDIN GLUKONAT 0,2% TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN RESIN AKRILIK HEAT CURED YANG DIPOLIMERISASI DENGAN TEKANAN (Samsul Bahri, 2013)

PERBEDAAN MONOMER SISA RESIN AKRILIK HEAT CURED YANG DIPOLIMERISASI DENGAN TEKANAN SETELAH PERENDAMAN DALAM LARUTAN DESINFEKTAN (Hidayati Saputri, 2016)

PENGARUH LAMA PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM LARUTAN SODIUM HIPOKLORIT 0.5% TERHADAP PERUBAHAN DIMENSI (Prabowo Bomazdicahyo, 2015)

PENGARUH PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM SEDUHAN TEH HIJAU (CAMELLIA SINENSIS) TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN (Dara Elyana, 2014)

PENGARUH SEDUHAN KOPI ARABIKA GAYO TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BASIS GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK HEAT CURED (Rana Nurul Istiqlal, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy