//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDRSTANDING PROCEDURES (PROSEDUR PEMAHAMAN KONSEP) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII DI SMPN 2 MONTASIK ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ade Rahayu Fadhilla - Personal Name

Abstrak/Catatan

Fadhilla, Ade Rahayu. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Prosedur Pemahaman Konsep) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Cahaya Kelas VIII di SMPN 2 Montasik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Marwan AR, M. Pd., (2) Susilawati S. Pd., M. Ed. Kata kunci: model, pembelajaran, prosedur pemahaman konsep Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Prosedur Pemahaman Konsep) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Cahaya Kelas VIII di SMPN 2 Montasik”. Yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII2 SMPN 2 Montasik dengan jumlah siswa 18 orang. Objek dalam penelitian ini adalah konsep cahaya melalui penerapan model Prosedur Pemahaman Konsep. Instrumen pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi, tes dan angket yang ketiganya dianalisis menggunakan uji persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, aktivitas guru yang dominan muncul pada penerapan model Prosedur Pemahaman Konsep selama siklus 1 sebesar 88%, dan siklus 2 sebesar 100%. Sedangkan aktivitas siswa yang paling dominan muncul pada penerapan model Prosedur Pemahaman Konsep selama siklus 1 sebesar 75%, dan siklus 2 sebesar 100%. (2) terjadinya peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori sedang menjadi sangat baik (3) penerapan penerapan model Prosedur Pemahaman Konsep dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal itu dapat dilihat dari ketuntasan individual siklus 1 sebesar 72,22% dan pada siklus 2 sebesar 94,44%, dan ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 40%, siklus 2 sebesar 90%. (4) respon siswa SMPN 2 Montasik terhadap kegiatan belajar mengajar menggunakan penerapan model Prosedur Pemahaman Konsep pada materi cahaya bersifat senang 100%, dan ingin model ini diterapkan pada pembelajaran lainnya, khususnya pembelajaran IPA sebesar 89%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Prosedur Pemahaman Konsep) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII DI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Lita Amalia, 2017)

PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI MASALAH SOSIAL DI KELAS IV SDN MONTASIK ACEH BESAR (Maulidarni, S.Pd., 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMPN 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Padliadi, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN (Salmaniah, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH (Zulfina, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy