//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII5 PADA MATERI CAHAYA DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang fauziah mutia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Mutia, Fauziah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII/5 Pada Materi Cahaya di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Tarmizi Hamid, M.Pd., (2) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd Kata kunci : Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW), hasil belajar Penelitian yang berjudul “Penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII/5 pada materi cahaya di SMP Negeri 1 Banda Aceh” dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas guru dan aktivitas siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa terhadap penggunaan model pemebelajaran Think-Talk-Write dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII/5 SMP Negeri 1 Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 29 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan tes, observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian ketuntasan belajar siswa meningkat dapat dilihat pada siklus I 60,0%, pada siklus II 70,0%, pada siklus III 100% yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan secara klasikal. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I di kategorikan baik, pada siklus II dan III di kategorikan sangat baik. Hasil observasi keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I dan II di kategorikan baik, pada siklus IIIdi kategorikan sangat baik. Respon siswa terhadap model pembelajaran Think-Talk-Write ini mendapat respon positif sebesa 98%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) sangat baik, hasil belajar siswa meningkat serta mereka senang dengan adanya model pembelajaran tersebut dilaksanakan di SMP Negeri 1 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (MAHDARUL HUSAINA, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKTALK-WRITE(TTW) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIALSISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Nairuz Hanifah, 2014)

PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE DAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA NEGERI 1 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH. (Ira Regar, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH (M. Yunus, 2013)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS X SMA N 16 BANDA ACEH (CUT WANTI MEGASARI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy