//

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR RISIKO BAGI KONTRAKTOR KECIL DI KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syahsan Nazary - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kabupaten Aceh Tengah merupakan salah satu daerah yang sedang mengalami pertumbuhan yang pesat. Hal ini dapat dapat dilihat dari banyaknya proyek-proyek konstruksi yang sedang berlangsung. Seiring dengan pelaksanaan proyek, kontraktor sering kali harus menghadapi kesulitan dan kejadian yang menghambat kemajuan pekerjaan. Pada dasarnya, hal tersebut merupakan indikator akan kurangnya perhatian terhadap risiko yang ada pada proyek konstruksi. Kurangnya perhatian terhadap risiko yang dihadapi akan mempengaruhi pelaksanaan proyek yang berakibat pada kerugian pada pihak-pihak yang terlibat dalam proyek konstruksi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor risiko dan mengetahui faktor risiko yang sangat berpengaruh pada proyek konstruksi. Penelitian ini dilakukan pada proyek-proyek konstruksi di Kabupaten Aceh Tengah. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil kuesioner tentang faktor-faktor risiko dan data sekunder diperoleh dari data literatur yang berhubungan dengan penelitian serta data jumlah perusahaan kontraktor. Faktor-faktor risiko yang ditinjau adalah faktor yang berpengaruh terhadap pelaksanaan proyek yang dilihat dari perspektif kontraktor kecil. Dengan menggunakan rumus metode slovin didapat sebanyak 47 responden. Pengolahan data menggunakan perhitungan statistik dengan memakai uji validitas, uji reliabilitas dan analisa deskriptif. Berdasarkan hasil kuesioner survei dan analisa pengolahan data didapat 18 faktor yang sangat berpengaruh pada proyek konstruksi bagi kontraktor kecil di kabupaten Aceh Tengah adalah kerusakan alat, ketidaktepatan estimasi biaya, peningkatan biaya kerja, penerapan teknologi baru atau khusus yang belum dikenal dengan baik, rincian ketelitian dan kesesuaian spesifikasi yang tidak sesuai, pertengkaran pekerja, perencanaan dan pengontrolan proyek kurang baik, kondisi lokasi yang buruk dan sulit dijangkau, terjadinya kecelakaan di tempat kerja, lokasi kerja yang berbahaya, change order, pelanggaran kontrak, data desain tidak lengkap, ketidakpastian masalah geologi, kenaikan harga BBM, keadaan cuaca tidak menentu, ketidakpastian kondisi di lapangan, dan terjadinya gempa. Kata Kunci: Risiko, Proyek Konstruksi, Kontraktor Kecil, Aceh Tengah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR – FAKTOR RISIKO YANG MEMPENGARUHI KINERJA KONTRAKTOR PADA PELAKSANAAN PROYEK INFRASTRUKTUR DI KABUPATEN ACEH JAYA (azhari, 2014)

IDENTIFIKASI RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BANDA ACEH MADANI EDUCATION CENTER (Arif Fadhillah, 2017)

IDENTIFIKASI KEMUNGKINAN TERJADINYA RISIKO PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN ACEH BARAT (Yanang Prastikniya A, 2017)

ANALISIS RISIKO KONSTRUKSI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA WAKTU PELAKSANAAN PADA PROYEK GEDUNG PUSAT PERBELANJAAN MODERN/MALL BANDA ACEH (Nurayati Ira Lestari, 2014)

PENGARUH KUALIFIKASI KONTRAKTOR TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (ZUHRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy