//

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang nurlaila - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAk Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, intensitas dan prevalensi ektoparasit pada udang Vannamei yang dibudidayakan di Kecamatan Lhoong, Seulimeum, dan Kecamatan Mesjid Raya di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas 1 Aceh Besar dari tanggal 23 Oktober sampai 16 Desember 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan deskriptif analitik. Hasil penelitian terdapat tiga jenis ektoparasit yang sama pada udang Vannamei yang dibudidayakan di Kabupaten Aceh Besar yaitu Zoothamnium sp., Epistylis sp. dan Vorticella sp. Intensitas dan prevalensi ektoparasit tertinggi ditemukan pada Kecamatan Seulimeum yaitu Vorticella sp. sebesar 34 ind/ekor dengan prevalensi 90%. Hasil parameter kualitas air menunjukkan bahwa suhu pada Kabupaten Aceh Besar berkisar antara 28,3 – 32,5 ⁰C, pH berkisar antara 5,5 – 6,6 dan salinitas di Kabupaten Aceh Besar berkisar antara 22 – 26 ppt. Kata kunci : Ektoparasit, udang Vannamei, intensitas, prevalensi dan kualitas air.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN USAHATANI UDANG PUTIH (LITOPENAEUS VANNAMEI) UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) DI KECAMATAN DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA (Al-Furqan, 2017)

ANALISIS PENGARUH FAKTOR KUALITAS AIR TERHADAP RESIKO PENYAKIT WHITE SPOT SYNDROME VIRUS (WSSV) PADA UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI KECAMATAN PEUDADA KABUPATEN BIREUEN (ZULPIKAR, 2016)

ANALISIS KADAR LOGAM BERAT PLUMBUM (PB) YANG TERPAPAR PADA DAGING DAN KULIT UDANG VANAME (LITOPENAEUS VANNAMEI BOONE) (RIZA DANIYATI, 2018)

PENERAPAN SISTEM PERTAMBAKAN SEMI-INTENSIF UDANG VANNAMEI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI UDANG DI DESA UJUNG BLANG MESJID KECAMATAN KUALA KABUPATEN BIREUEN (Aidil Akbar, 2016)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) DAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) DI TAMBAK TRADISIONALRN GAMPONG PANDE, BANDA ACEH (ASIH WULANDARI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy