//

PERAN PEKERJA SOSIAL (PEKSOS) DALAM PEMBENTUKAN RESILIENSI ANAK BINAAN PANTI ASUHAN DARUSSA'DAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang khaula mutia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini mengangkat judul “Peran Pekerja Sosial dalam Pembentukan Resiliensi Anak Binaan Panti Asuhan Darussa’dah”. Penelitian ini membahas tentang anak-anak yang berada di Panti Asuhan Darussa’dah dengan latar belakang keluarga, status ekonomi dan pendidikan keluarga yang berbeda namun tinggal bersama, diasuh dan dibina di Panti dengan orang-orang yang terampil seperti pekerja sosial. Peran pekerja sosial sebagai fasilitator, pemercepat perubahan, sebagai perantara dan pendidik, sebagai tenaga ahli serta sebagai perencana sosial, dapat membentuk resiliensi anak-anak dampingan mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Yang menjadi informan pada penelitian ini ialah Pekerja Sosial yang dinilai relevan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini diperoleh informasi bahwa pekerja sosial telah melaksanakan peran dan berupaya untuk membentuk resiliensi anak binaan Panti Asuhan Darussa’dah, ditandai dengan perubahan sikap positif pada diri anak-anak seperti berempati kepada sesamanya dan sudah dapat mengendalikan emosi, merancang peta pemikiran, optimis dan yakin akan kekuatan diri sendiri (self-efficacy) serta meraih apa yang diinginkan. Kata Kunci : Resiliensi, Pekerja Sosial, Peran Pekerja Sosial, Anak Binaan, Panti Asuhan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DARUSSA’ADAH ACEH DALAM USAHA PEMBINAAN MORAL ANAK-ANAK TERLANTAR (Muhammad Multaza, 2016)

TANGGUNG JAWAB HUKUM PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DARUSSA’ADAH SEBAGAI WALI TERHADAP ANAK ASUHNYA DI KABUPATENACEH BESAR (Cinthia Novami, 2017)

GAMBARAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK RNYANG TINGGAL DI PANTI SOSIAL ASUHAN RNANAK DARUSSA’ADAH ACEH (YERNI HANIMAR, 2015)

DAYA TANGGUH (RESILIENSI) ANAK USIA 6-12 TAHUN DI PANTI ASUHAN ANEUK NANGGROE KEUTAPANG BANDA ACEH (WASI PURNAMA WATI, 2017)

DESKRIPSI PERASAAN, MINAT, SIKAP DAN MOTIVASI REMAJA DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DARUSSA’ADAH ACEH (Cut Erini Noviyani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy