//

PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP PASIEN BERSALIN PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hermansyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

HERMANSYAH PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN (2016) TERHADAP PASIEN BERSALIN PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK ACEH Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (iv, 59) pp. tabl. bibl; (Dr. Efendi, S.H., M.Si.) Pasal angka 1 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna meliputi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat. Rumah sakit berfungsi sebagai penyelenggaraan pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit, dan pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan melalui pelayanan kesehatan yang paripurna tingkat kedua dan ketiga sesuai kebutuhan medis. Pasal 5 Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2010 tentang Kesehatan bahwa “setiap penduduk Aceh mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pelayanan kesehatan dalam pelayanan kesehatan yang berkualitas sesuai kebutuhan medisnya”. Kenyataannya di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Aceh sebagai rumah sakit khusus Ibu dan anak-anak di Provinsi Aceh, masih lalai dalam menangani pasien bersalin. Suriyani warga Gampong Lambatee, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar bersama bayi yang baru dilahirkannya tidak segera ditangani oleh dokter di RSIA, dirujuk ke RSUZA Banda Aceh dan akhirnya meninggal dunia. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan dan pemulihan kesehatan terhadap pasien bersalin di Rumah Sakit Ibu dan Anak, hambatan yang dihadapi Rumah Sakit Ibu dan Anak dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan terhadap pasien bersalin, dan upaya yang dilakukan pihak Rumah Sakit Ibu dan Anak dalam mengatasi kendala pada pelayanan pasien bersalin. Data penulisan skripsi ini diperoleh melalui penelitian di Kepustakaan dan lapangan. Penelitian Kepustakaan untuk memperoleh data sekunder dengan mempelajari buku-buku teks, teori-teori, peraturan perundang-undangan, artikel-artikel, karya ilmiah yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan bagi pasien. Sedangkan penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer dengan melakukan observasi dan mewawancarai Responden dan Informan. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan dan pemulihan kesehatan terhadap pasien bersalin pada Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA), telah dilakukan menurut kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada untuk pengawasan keadaan ibu sebelum bersalin, pengawasan pada janin sebelum bayi lahir, pemantauan terhadap denyut jantung janin. Pemeliharaan kesehatan bagi persalinan janin kurang bulan berupa perawatan, dan pematangan paru-paru terhadap janin dalam kandungan. Segala kekurangan yang timbul baik menyangkut kebijakan maupun administrasi akan terus dibenahi. Hambatan yang dihadapi oleh pihak Rumah Sakit Ibu dan Anak dalam memberikan pelayanan terhadap pasien bersalin yaitu: masih kurangnya dukungan Pemerintah Daerah dan Dinas Kesehatan Aceh. SDM pemberi pelayanan kesehatan di RSIA masih terbatas, sarana dan fasilitas penunjang membutuhkan pengadaan ulang, Komunikasi antara dokter dengan pasien bersalin yang kurang efektif. Upaya yang dilakukan pihak RSIA mengatasi kendala pelayanan pasien bersalin: mengevaluasi Kebijakan Rumah Sakit baik melalui komitmen dan dukungan politis dari Pemerintah Daerah, berupaya Memenuhi Fasilitas Penunjang Pelayanan, meningkatkan SDM Tim Pemberi Pelayanan di RSIA, dan membangun komunikasi yang baik antar Tim, Dokter dan Perawat dengan pasien bersalin dan keluarganya. Disarankan kepada Pasien bersalin pada RSIA dan keluarganya hendaknya meminta penjelasan dokter mengenai tindakan kedokteran yang akan dilakukan. Kepada Seluruh Tim Pemberi pelayanan kesehatan di RSIA hendaknya memperbaiki sikap, dan menjelaskan dengan bahasa yang sederhana, dan mudah dipahami pasien. Kepada Pemerintah Daerah dan Dinas Kesehatan diharapkan memperhatian RSIA secara konkrit dan berkontribusi dalam peningkatan SDM pemberi pelayanan di RSIA.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK TAHUN 2013 (Fauzan Safwandi, 2013)

MEKANISME PELAYANAN DAN PENERTIBAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Nasruddin, 2018)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN KOTA BANDA ACEH (Fara Fatika, 2017)

PENGARUH PERCEIVED QUALITY PASIEN TERHADAP MINAT PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) FAKULTAS KEDOKTERANG GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Larena Yudisa Putri, 2016)

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI KASIR RUMAH SAKIT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ (Lia Ardilla, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy