//

ISOLASI BAKTERI ENTEROBACTERIACEAE ASAL CANGKANG TELUR PENYU LEKANG (LEPIDOCHELYS OLIVACEA)DI LHOK PANTE TIBANG, BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Safra Nita - Personal Name
Fakultas Fakultas mipa
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Enterobactericeae adalah bakteri Gram negatif berbentuk batang yang mampu menghasilkan berbagai toksin. Umumnya bakteri ini sering mengkontaminasi telur, salah satunya telur penyu. Telur penyu mengandung zat-zat yang mendukung untuk pertumbuhan bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mendata genus dari bakteri Enterobacteriaceae asal cangkang telur penyu lekang (Lepidochelys olivacea) yang diperoleh di Lhok Pante Tibang, Banda Aceh. Isolasi bakteri merupakan pengambilan bakteri dari populasi campuran di lingkungan alamiah yang ditumbuhkan dalam suatu media di laboratorium, tujuan isolasi untuk memperoleh biakan murni dari suatu biakan campuran. Penelitian Parameter yang diamati adalah morfologi koloni (bentuk, warna, tepian dan elevasi isolat), morfologi sel (bentuk sel dan pewarnaan Gram) dan genus dari bakteri Enterobacteriaceae asal cangkang telur penyu lekang. Penelitian ini berhasil memperoleh lima isolat bakteri Enterobacteriaceae yang merupakan kelompok Gram negatif dan berbentuk batang. Kelima isolat ini secara umum memiliki morfologi koloni yaitu bentuk bundar, warna merah dan merah muda, tepian berombak dan licin serta elevasi cembung. Hasil uji biokimia dan identifikasi menunjukkan bahwa lima isolat yang diperoleh terdiri atas tiga genus bakteri Enterobacteriaceae yaitu genus Enterobacter, genus Shigella, dan genus Klebsiella. Kata kunci: Telur penyu, isolasi, identifikasi, Enterobacteriaceae.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK HABITAT PENDARATAN PENYU LEKANG (LEPIDOCHELYS OLIVACEA) DI LHOK PANTE TIBANG KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Darwin Saputra, 2017)

PENGARUH NAUNGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EMBRIO PENYU LEKANG (LEPIDOCHELYS OLIVACEA) DI LHOK PANTE TIBANG SYIAH KUALA, BANDA ACEH (Fitri Rianda, 2017)

DETERMINASI SEKS EMBRIO PENYU LEKANG (LEPIDOCHELYS OLIVACEA) DI PANTAI KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR (Febrina Hamaryandha, 2017)

PENGARUH NAUNGAN TERHADAP PENETASAN TELUR PENYU DI PANTAI LAMREH, ACEH BESAR (Mushlihur Rusydi Fhunki, 2018)

PENGARUH KARAKTERISTIK PANTAI DAN NAUNGAN SARANG TERHADAP PENETASAN TELUR PENYU LEKANG (LEPIDOCHELYS OLIVACEA) DI PANTAI SYIAH KUALA, BANDA ACEH DAN LEUPUNG, ACEH BESAR (Muhammad Hatta, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy