//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOMBINASI TIPE LISTENING TEAM DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS-3 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Miftahul Izzati - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
LISTENING TEAM AND PROBLEM SOLVING TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Pembelajaran, Tipe Listening Team, Problem Solving, hasil belajar Latar belakang masalah pada penelitian ini, Penulis melihat rendahnya kemampuan siswa dalam menguasi pelajaran geografi, disebabkan karena penyajian pembelajaran yang kurang bervariasi dan menyebabkan hasil belajar siswa masih berada di bawah kriteria ketutasan minimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Kombinasi Tipe Listening Team Dan Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran geografi; (2) Bagaimana keterampilan guru; (3) Bagaimana aktivitas guru dan siswa; (4) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif Kombinasi Tipe Listening Team dan Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Listening Team dan Problem Solving; (2) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran (3) Aktivitas guru dan siswa yang dalam mengelola pembelajaran; (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Listening Team dan Problem Solving; Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 Banda Aceh yang berjumlah 21 orang, objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Listening Team dan Problem Solving. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan angket respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian (1) Persentase ketuntasan Klasikal terjadi peningkatan dari siklus pertama 81 persen dan siklus kedua 90 persen. Persentase ketuntasan Individual juga terjadi peningkatan dari siklus pertama 70 persen dan kedua 90 persen (2) Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Listening Team dan Problem Solving meningkat dari katagori Baik menjadi sangat baik; (3) Aktivitas guru dan siswa mencerminkan model pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Listening Team dan Problem Solving; (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Listening Team sangat baik dan baik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Siti Asra, 2019)

PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Dian Amalia, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Widya Mardiah, 2015)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy