//

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA GURU DI TAMAN KANAK-KANAK UPTD KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Listiyawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA GURU DI TAMAN KANAK-KANAK UPTD KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE Oleh : Listiyawati NIM : 1209200050042 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd. 2. Dr. Niswanto, M. Pd. ABSTRAK Gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh sejumlah orang memberi pengaruh yang signifikan terhadap perseorangan atau kelompok, sehingga dengan penuh kesadaran orang-orang tersebut mengikuti apa yang diinginkan pemimpin dalam mencapai tujuan. Adapun kepuasan kerja selalu menjadi ukuran terhadap diri seseroang atau kelompok terhadap prestasi kerja yang telah dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah, strategi kepala sekolah, dan kendala yang dihadapi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru pada Taman Kanak-Kanak UPTD Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru memiliki beberapa perbedaan dari gaya kepemimpinan, di antaranya gaya demokratis, pendekatan kekeluargaan, dan gaya otokratif; (2) Strategi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru dilakukan dengan cara menetapkan perencanaan yang matang dan melakukan sosialisasi teknis pekerjaan secara langsung dalam proses pelaksanaan kegiatan di sekolah sehingga memudahkan guru dan karyawan dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah; dan (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru antara lain: (a) kepala sekolah belum sepenuhnya memiliki konsep yang utuh sebagai seorang pemimpin lembaga/organisasi sehingga masih belum sesuai dalam menggunakan gaya kepemimpinannya, (b) para guru belum sepenuhnya memahami konsep kinerjanya dalam proses pembelajaran sehingga berimbas kepada kepuasan kerja, dan (c) sedikitnya bahan ajar yang dimiliki oleh sekolah sehingga pembelajaran berlangsung secara mengikuti aturan yang ditetapkan oleh yayasan dan berimbas kepada kepuasan kerja. Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, dan Kepuasan Kerja Guru. THE LEADERSHIP STYLE OF PRINCIPAL IN IMPROVING TEACHERS’ JOB SATISFACTION IN KINDERGARTEN OF REGIONAL TECHNICAL IMPLEMENTATION UNIT (UPTD) OF BANDA SAKTI SUB-DISTRICT OF LHOKSEUMAWE CITY ABSTRACT (Listiyawati) Leadership style applied by some people gives a significant effect for persons or groups that makes the persons or groups consciously followed what the leader wants in achieving the purpose. A job satisfaction is always be a measurement for persons or groups about the accomplishments they achieved. This study aimed to find out the leadership style, strategy, and obstacles faced by the principal in improving teachers’ job satisfaction in Kindergarten of Regional Technical Implementation Unit (UPTD) of Banda Sakti Sub-District of Lhokseumawe City. This study used qualitative approach with techniques of data collection of interview, observation, and documentation study. The procedures of data analysis were data reduction, data display, and verification. The subjects of this study were principal, vice principal, and teachers. The results of this study showed that: (1) The leadership style of principal in improving teachers’ job satisfaction included some leadership styles, such as democratic style, family approach, and autocratic style. (2) The strategy of principal in improving teachers’ job satisfaction was by setting careful planning and giving direct socialization about technical work in the process of the implementation of educational programs in school, which was aimed to ease the teachers and staffs in implementing the programs. (3) The obstacles faced by the principal in improving teachers’ job satisfaction were: (a) the principal did not fully understand his leadership concept that made the leadership style applied was not appropriate, (b) the teachers did not fully understand their work concept in learning process that affected the job satisfaction, play facilities owned by the school, and play activities of children were not controlled, and (c) The lack of facilities and teaching materials from school that made the learning process followed the rules set by the foundation that affected the teachers’ job satisfaction. Keywords: Leadership Style and Teachers’ Job Satisfaction

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM RNMENINGKATKAN KINERJA GURU PADA RNSD NEGERI LAMBARO ANGAN (SITI NURBAYA M. ALI, 2014)

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM RNMENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI 7 RNMUARA DUA LHOKSUEMAWE (ZURYATI, 2014)

PEMBELAJARAN SENTRA SENI MUSIK DRUM DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI (Dinda Rhesti Gandhis, 2016)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMK NEGERI 2 BANDA ACEH (Safrida, 2014)

PROSES PEMBELAJARAN TARI BATOK DI TAMAN KANAK-KANAK BUNGONG SEULEUPOEK (SEKAR RATIH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy