//

PENGUJIAN BERKALA KENDARAAN BERMOOTOR DALAM KAITANNYA DENGAN IZIN BEROPERASI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Armanisah Ulfa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan menyebutkan bahwa, kendaraan bermotor khususnya angkutan umum wajib dilakukan pengujian. Di dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 133 Tahun 2015 tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor menyebutkan bahwa, uji berkala adalah pengujian kendaraan bermotor yang dilakukan secara berkala terhadap setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan khususnya angkutan umum. Hal ini menjadi penting karena dengan pengujian berkala ini erat hubungannya dengan perizinan. Namun pada kenyataannya di Kota Banda Aceh masih banyak kendaraan bermotor khususnya angkutan umum yang tidak laik jalan atau dengan kata lain tidak memiliki izin beroperasi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya angkutan umum yang ditahan ketika razia yang dilaporkan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Banda Aceh. Tujuan penulisan skripsi ini untuk menjelaskan pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor. Penyebab adanya kendaraan bermotor yang tidak melakukan pengujian berkala dan upaya-upaya yang ditempuh oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Banda Aceh dalam menghadapi kendala-kendala Pengujian Kendaraan Bermotor. Untuk memperoleh data dalam penulisan skripsi ini, dilakukan penelitian kepustakaan dan lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan untuk mendapatkan data sekunder yang dilakukan dengan cara membaca peraturan perundang–undangan, karya ilmiah, pendapat para sarjana, buku-buku dan artikel. Penelitian lapangan dilakukan untuk mendapatkan data primer yang berhubungan dengan penelitian ini melalui wawancara dengan responden dan informan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa di Kota Banda Aceh masih terdapat angkutan umum yang tidak memiliki izin beroperasi, hal ini dibuktikan dengan tidak adanya stiker lulus uji pada angkutan umum tersebut. Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Banda Aceh sebagai pengawas pelaksanaan pengujian berkala kendaraan bermotor dalam menjalankan tugasnya mengalami kendala-kendala seperti luasnya wilayah kerja, serta banyaknya supir yang tidak mengindahkan peraturan tentang pengujian berkala kendaraan bermotor menyebabkan peraturan ini tidak berjalan maksimal sehingga upaya dalam penyelesaian kendala dengan mengacu pada kendala-kendala yang dialami sedikit rumit. Diharapkan kepada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Banda Aceh untuk melakukan pengawasan lebi, guna untuk meminimalisir adanya pelanggaran-elanggaran kedepannya dan menerapkan sanksi yang lebih tegas, untuk memberikan efek jera kepada pihak yang melakukan pelanggaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TANAH MENGGUNAKAN METODE ATOMIC ABSORPTION SPECTROPHOTOMETRY (AAS) UNTUK MENGETAHUI PENYEBARAN KADAR MERKURI (HG) DI DESA DATAR LUAS DAN DESA BUNTA KECAMATAN KRUENG SABE KABUPATEN ACEH JAYA (Alfisyahrin, 2017)

PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI, DAN INFORMATIKA KOTA BANDA ACEH TERHADAP KELAYAKAN DAN KEAMANAN ANGKUTAN UMUM DARAT DI KOTA BANDA ACEH (Ruhul Fata , 2016)

EFEKTIFITAS JARINGAN PERJALANAN DENGAN MENGGUNAKAN TEORI GRAF HAMILTON (STUDI KASUS SIMPANG LIMA-TERMINAL BATOH, BANDA ACEH) (Hayru Agrisa, 2014)

PENERAPAN HUKUM TERHADAP BECAK YANG MENGANGKUT PENUMPANG TANPA SURAT IZIN OPERASI SEBAGAI ANGKUTAN UMUM (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KOTA BANDA ACEH) (MUHAMMAD ROZA K, 2018)

MENGEMUDI KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI JALAN TANPA SURAT IZIN MENGEMUDI YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM POLRES KABUPATEN GAYO LUES) (Amalia Yara Bahraini, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy