//

PERAN KEPOLISIAN DAN KECAMATAN DALAM PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA (STUDI DI KECAMATAN MONTASIK ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD YASSIR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Narkoba menjadi bahan komoditas yang sangat luas peredarannya di Indonesia, bahkan di Aceh sudah menyentuh kepada semua aspek dari masyarakat kecil hingga masyarakat menengah atas. Institusi lembaga Kepolisian dalam menjalankan tugas dan kewenangannya merupakan keinginan semua masyarakat, karena peran yang sangat komprehensif mencakup sebagai penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, pelindung, pengayom, pelayan masyarakat, dan juga sebagai penegak hukum. Dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba, Kepolisan sebagai mitra masyarakat juga bekerjasama dengan pihak Kecamatan sebagai perangkat daerah Kabupaten atau Kota dalam hal menerima informasi dan memberikan sosialisasi secara menyuluruh kepada setiap Gampong melalui Geuchik akan pentingnya memahami dampak dari penyalahgunaaan narkoba. Peredaran narkoba yang kian meningkat setiap tahunnya menjadi tugas bagi instansi Kepolisian dan Kecamatan pada setiap Kabupaten atau Kota beserta seluruh lapisan masyarakat untuk saling bekerja sama dalam menanggulangi perdaran narkoba yang menjadi musuh bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kepolisan dan Kecamatan Montasik dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba yang kian meresahkan. Penelitian ini menggunakan Teori Institusi Sosial yaitu sistem hubungan sosial yang terorganisir serta memiliki prosedur umum yang mengatur dan memenuhi kegiatan pokok warga masyarakat. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, informan utama dalam penelitian ini adalah pihak Kepolisian dan Kecamatan Montasik, dan informan tambahan dalam penelitian ini adalah Geuchik Gampong dan Tengku Imum. Sumber data utama penelitian ini adalah data primer dan sekunder, data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dilapangan dan data sekunder diperoleh dari buku dan literatur hasil tinjauan sebelumnya. Hasil penelitian dan analisis data dari lapangan adalah bahwa Kepolisan memegang peran yang sangat vital dalam pemberantasan narkoba, menerima informasi dari warga, mengadakan razia, dan melakukan penangkapan terhadap pengedar dan pengguna narkoba. Kecamatan Montasik juga memberikan peran yang andil dalam sosialisasi kepada seluruh Geuchik yang berada pada Kecamatan Montasik, dan juga menjalin kerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat untuk mengoptimalkan kinerja dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Kata Kunci: Kepolisian, Kecamatan, Narkoba

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA ORANG TUA MENCEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA DI DESA PASI LHOK KECAMATAN KEMBANG TANJUNG KABUPATEN PIDIE (Irwan Asopa, 2014)

PERSEPSI SISWA TERHADAP NARKOBA DAN KAITANNYARNDENGAN KECENDERUNGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBARN(STUDI KORELASIONAL PADA SISWA-SISWA DI SMP NEGERI 9 DAN SMP NEGERI 20RNTAKENGON ACEH TENGAH) (jaharani alasta, 2014)

KENDALA-KENDALA BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) DALAM PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI KOTA BANDA ACEH (Ira Helfiza, 2017)

PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI BANDA ACEH(STUDI KASUS DI PANTI REHABILITASI RUMOH GEUTANYOE, BANDA ACEH) (Muhammad Iqbal, 2013)

NEGARA YANG TAK BERDAYA (ANALISIS NARATIF UPAYA PEMBERANTASAN NARKOBA DALAM LIPUTAN ‘TANGAN GODFATHER DI KAMPUNG AMBON’ PADA MAJALAH TEMPO) (Rahmat Taufik, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy