//

JENIS TANAH DAN KEMAMPUAN LAHAN SERTA ARAHAN PENGGUNAANNYA PADA BEBERAPA AREAL LAHAN KERING DI KABUPATEN ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irhamdi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tanah dan kemampuan lahan serta arahan penggunaannya pada beberapa areal lahan kering di Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sampel tanah diambil secara acak pada lahan yang ditetapkan sebagai titik pengambilan sampel saat survai lapangan. Pengumpulan data (1) untuk memperoleh data kemiringan lereng, nilai kepekaan erosi, tingkat erosi, kelas kedalaman efektif tanah, kelas drainase tanah, singkapan batuan dan ancaman banjir, (2) uji laboratorium untuk memperoleh data tekstur tanah, nilai permeabilitas tanah, dan salinitas tanah. Untuk memperoleh Kelas Kemampuan Lahan di analisi dengan metode scoring pada setiap parameter kemampuan lahan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat 5 jenis tanah diantaranya Aluvial, Arenosol, Kambisol, Podsolik, Regosol. (2) Kemampuan lahan I terdapat di Bubon dan Pante Cermen, kelas II di Sama Tiga, Bubon, Woyla dan Kawai XVI, kelas III terdapat di Bubon, Meureubo dan Pante Cermen sedangkan kelas IV terdapat di Pante Cermen. (3) Arahan penggunaan lahan kelas I cocok dijadikan sebagai lahan budidaya tanaman pertanian, kelas II,III,IV harus dilakukan tindakan konservasi sedang. (4) Faktor fisik yang membatasi pertumbuhan tanaman seperti tekstur tanah agak kasar, permeabilitas yang cepat dan tingkat erosivitas yang agak berat terdapat pada SPL 11 yang berlokasi di Pante Cermen. Kata Kunci : jenis tanah, kemampuan lahan, arahan penggunaan lahan, erosi, drainase, permebilitas, tekstur.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISASI KIMIA TANAH DAN STATUS KESUBURAN TANAH PADA LAHAN KERING KABUPATEN PIDIE DAN BIREUEN (Maulia Rahmat Husni, 2016)

EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN PADI GOGO, JAGUNG, KEDELAI, DAN KACANG TANAH PADA LAHAN KERING DI KECAMATAN JANTHO, KABUPATEN ACEH BESAR (Hendra Saputra, 2018)

ANALISIS KESESUAIAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN HORTIKULTURA DI AREAL BEKAS HUTAN RAWA, KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (KHAIRIL ANWAR, 2015)

KAJIAN KESESUAIAN PENGGUNAAN LAHAN DENGAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) KABUPATEN BENER MERIAH (Sylvia Zahara, 2016)

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Akbar Maulana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy