//

PARTISIPASI MASYARAKAT LOKAL DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AIR TERJUN AIR DINGIN SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA. (STUDI DI GAMPONG LOEK PAWOH KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN).

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RESTU RAHMI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pariwisata merupakan salah satu hal yang penting bagi suatu Negara.Dengan adanya pariwisata, suatu Negara atau lebih khusus lagi pemerintah daerah tempat objek wisata. Objek Wisata Air Terjun Air Dingin merupakan objek wisata yang banyak dikunjungi dan menjadi salah satu objek pariwisata favorit di Kabupaten Aceh Selatan. Air Terjun Air Dingin memiliki daya tarik dan potensi dalam meningkatkan pendapatan daerah yang menj adi salah satu aset Kampung Loek Pawoh, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan menyimpan air terjun yang begitu indah dengan gemuruh airnya yang menebarkan udara yang begitu sejuk. Rumusan masalah penelitian adalah partisipasi masyarakat lokal terhadap pengembangan pariwisata pada objek Air Terjun Air Dingin sebagai daerah tujuan wisata, dan upaya-upaya yang perlu dilakukan dalam pengembangan objek wisata Air Terjun Air Dingin di Desa Lhok Pawoh Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Teori yang digunakan yaitu teori tindakan sosial yang dijadikan sebagai kerangka teori. Metode penelitian menggunakan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari kata-kata dan tindakan informan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen yang lain-lain dengan teknik purposive. Data dalam penelitian ini berbentuk informasi yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian yang dilakukan ini meliputi empat tahapan yaitu tahap per siapan, pengumpulan informasi, analisis informasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tiap kategori telah melakukan tindakan pengembangan objek wisata Air Terjun Dingin dengan tugas dan proporsi masing-masing. Pemerintah dengan regulasi dan promosinya serta masyarakat sekitar selaku pelaku utama kegiatan pariwisata walaupun masih dilakukan dalam skala kecil dan belum maksimal. Upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk pengembangan objek wisata ini adalah memaksimalkan fungsi masing -masing pelaku wisata serta objek wisata sekitar air terjun dingin yaitu wisata bahari dan kuliner yang juga prospektif untuk dikembangkan secara bersamaan. Kata kunci : partisipasi masyarakat, perkembangan objek pariwisata

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA AIR TERJUN TINGKAT TUJUH DI KOTA TAPAKTUAN ACEH SELATANRN(PENDEKATAN TRAVEL COST) (FITRI MULYANA, 2014)

PARTISIPASI MASYARAKAT LOKAL DALAM PENGELOLAAN OBJEK PARIWISATA PANTAI LAMPUUK KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Almunadia, 2018)

PENGEMBANGAN GAMPONG NUSA SEBAGAI GAMPONG WISATA KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS PERANANDINAS KEBUDAYAAN, PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA ACEH BESAR) (Tjut Ika Mauliza, 2017)

DAMPAK PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI ULEE LHEUE TERHADAP KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT ( STUDI KASUS DI DESA ULEE LHEUE KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH ) (M.Adi Kusuma Rayesh, 2013)

LUMUT TERESTERIAL DI KAWASAN WISATA AIR TERJUN KUTA MALAKA KABUPATEN ACEH BESAR (Erin Juwita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy