//

UJI PATOGENISITAS CENDAWAN ENTOMOPATOGEN METARHIZIUM BRUNNEUM PETCH PADA HAMA RAYAP PERUSAK TANAMAN PALA (COPTOTERMES CURVIGNATHUS HOLMGREN) DI LABORATORIUM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD REZZA FAHLEVI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu kematian rayap setelah diinfeksi oleh cendawan M. brunneum sebagai biotermitisida di Laboratorium serta untuk mendapatkan konsentrasi yang efektif dari cendawan entomopatogen M. brunneum dalam mengendalikan hama rayap pada tanaman pala. Penelitian dilakukan di Laboratorium Hama dan Lamoratorium Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala mulai dari bulan September 2015 sampai Februari 2016. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial yang terdiri atas 6 taraf perlakuan dengan 4 ulangan sehingga terdapat 24 satuan percobaan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa mortalitas C. curvignathus tertinggi dijumpai pada aplikasi 1010 konidia/9 ml aquades dan 106 konidia/9 ml aquades yaitu 100% dengan masa inkubasi M. brunneum mulai tampak pada 1,83 hari setelah aplikasi pada perlakuan 1010 konidia/9 ml aquades dan mampu menghambat kemampuan makan rayap hingga 50,77%. Rata-rata waktu kematian C. curvignathus mencapai 100% kurang dari 4 hari setelah aplikasi Kata kunci : C. curvignathus, M. brunneum, tanaman pala, Biotermitisida

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENDUGAAN UKURAN POPULASI KOLONI DAN DAYA JELAJAH RAYAP COPTOTERMES CURVIGNATHUS HOLMGREN DI PERTANAMAN PALA DI KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN (Fachrizal Yusmar, 2017)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN EKSTRAK BIJI BENGKUANG (PACHYRRHIZUS EROSUS L.) TERHADAP MORTALITAS RAYAP (COPTOTERMES CURVIGNATHUS HOLMGREN) (Sylvia Andiliani, 2018)

UJI KERAPATAN KONIDIA METARHIZIUM ANISOPLIAE ISOLAT TANGSE SEBAGAI BIOTERMITISIDA TERHADAP HAMA RAYAP SECARA IN-VITRO (Heri Safrijal, 2017)

INVENTARISASI DAN ANALISIS KERUGIAN EKONOMI AKIBAT SERANGAN RAYAP PADA BANGUNAN SEKOLAH DI KOTA BANDA ACEH (muslim, 2015)

TAKSONOMI RAYAP FAMILI KALOTERMITIDAE DAN RHINOTERMITIDAE DI KAWASAN PERUMAHAN PT. ARUN (Intan Keumala Sari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy