//

INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA PASCA PEMEKARAN PADA ENAM KABUPATEN DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYATA MAULIDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Indeks Pembangunan Manusia Pasca Pemekaran Pada Enam Kabupaten di Provinsi Aceh Nama : Syata Maulida NIM : 1201101010077 Fakultas/Jurusan : Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Dr. Vivi Silvia, S.E,. M.Si Konsentrasi : Ekonomi Regional dan Perkotaan Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis dampak pemekaran wilayah terhadap indeks pembangunan manusia pada enam kabupaten hasil pemekaran di Provinsi Aceh. Model penelitian ini menggunakan analisis linier berganda dengan data panel dari tahun 2007-2013. Variabel dummy digunakan untuk melihat perbandingan kabupaten pemekaran dengan kabupaten induknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemampuan daya beli masyarakat dan jumlah anak lahir hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap angka indeks pembangunan manusia. Sedangkan variabel pendidikan tertinggi yang ditamatkan tidak berpengaruh dan tidak siignifikan terhadap indeks pembangunan manusia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, masih adanya ketimpangan dalam penyediaan dan pelayanan terhadap akses kebutuhan sosial, seperti pendidikan dan kesehatan. Peneliti merekomendasikan agar pemerintah meningkatkan sarana dan prasarana bagi pendidikan dan kesehatan, seperti jumlah sekolah, tenaga pendidik, puskesmas, tenaga medis, bidan desa guna menigkatkan kesejahteraan masyarakat. Kata Kunci : Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pendidikan, Kesehatan, Pemekaran Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KETIMPANGAN PEMBANGUNAN ANTARA KABUPATEN PIDIE DAN KABUPATEN PIDIE JAYA PASCA PEMEKARAN PADA TAHUN 2007 (RIZKI RAMADHAN, 2016)

PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH DAN PDRB PER KAPITA TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA PROVINSI ACEH (Uchti Aprilina, 2014)

DAMPAK PEMEKARAN TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR KECAMATAN COT GIREK KABUPATEN ACEH UTARA (AFIA CUT DHIEN, 2016)

ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN ACEH TENGAH SEBELUM DAN SESUDAH PEMEKARAN WILAYAH (Evaida Ulfha Aunies, 2016)

PENGARUH DANA OTONOMI KHUSUS TERHADAPRNINDEKS PEMBANGUNAN MANUSIARNKABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH (MUHAMMAD HIJRAH SAPUTRA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy