//

HIBURAN MALAM MUSIK KEYBOARAD: ANTARA PENERIMAAN DAN PENOLAKAN (STUDI KASUS MASYARAKAT GAMPONG SERBA JADI, KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ori Delviyanda - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Keyboard merupakan budaya atau tradisi yang sangat berkembang di Indonesia, salah satunya di gampong Serba Jadi kecamatan Darul Makmur kabupaten Nagan Raya. Biasanya hiburan ini disajikan pada siang hari, tujuan utamanya adalah untuk menghibur tuan rumah dan para tamu undangan yang menghadiri pesta pernikahan. Selain disajikan pada siang hari, musik keyboard juga disajikan pada malam hari, tergantung permintaan penyelenggara hajatan. Namun, seiring perkembangan zaman hiburan ini mulai melenceng dan bertentangan dengan syariat islam yang ada di Aceh, sehingga terjadinya pergeseran nilai-nilai sosial terhadap masyarakat gampong itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana hiburan musik keyboard berlangsung dilingkungan masyarakat gampong Serba Jadi, mengetahui bagaimana peran dan kontrol masyarakat serta mengetahui bagaimana pandangan masyarakat terhadap hiburan musik keyboard tersebut. Penelitian ini menggunakan Teori Sosialisasi J. Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian hiburan malam musik keyboard: antara penerimaan dan penolakan studi kasus masyarakat gampong Serba Jadi yaitu persepsi atau tanggapan masyarakat terhadap hiburan tersebut sangat beragam, ada yang menerima dan ada yang menolak. Tergantung dari dampak yang ditimbulkan oleh hiburan itu sendiri. Dari segi positif yang dapat dilihat yaitu musik keyboard merupakan sesuatu yang sangat menghibur masyarakat yang haus akan hiburan. Dilihat dari segi negatif musik keyboard kerap dipandang sebagai hiburan yang tidak menyenangkan yang sering mengundang kegaduhan dan keributan. Kata Kunci: Musik Keyboard, Pandangan Masyarakat

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU SADAR GIZI IBU RUMAH TANGGA DI DESA SERBAGUNA KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Nova DianSari EkaNingsih, 2016)

KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA SISWA SMA NEGERI 3 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Damharius, 2014)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DARUL MAKMUR MENULIS DONGENG (Samsul Rizal, 2014)

KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI PADA SISWA SMP NEGERI 6 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Marlina, 2014)

PENGANGKATAN PEJABAT KEUCHIK DI KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (ISMAIL, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy