//

ANALISIS ELASTISITAS KESEMPATAN KERJA DAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA SEKTOR INDUSTRI DI-PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syahjuzar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana elastisitas kesempatan kerja dan produktivitas tenaga kerja pada sektor industri di Provinsi Aceh. Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu jumlah tenaga kerja dan PDRB tahun 1990 -2009 Provinsi Aceh, yang diperoleh dari BPS Provinsi Aceh, dan diolah dengan menggunakan model fungsi CobbDouglas. Hasil penelitian menunjukkan elastisitas kesempatan kerja bersifat inelastis dengan koefisiennya 0,214 yang artinya perubahan PDRB sebesar satu persen, akan mengakibatkan perubahan kesempatan kerja kurang dari satu persen. Produktivitas tenaga kerja mengalami pertumbuhan yang tidak tetap, pertumbuhan yang besar terjadi pada tahun 1993 yaitu sebesar 1191.07 %, hal ini terjadi karena pada tahun itu peningkatan PDRB sangat besar dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan jumlah tenaga kerja pada tahun itu terjadi penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Agar terjadi peningkatan pertumbuhan yang sebanding antara tenaga kerja dengan PDRB, diharapkan adanya kebijakan dari pemerintah agar menciptakan industri-industri yang bersifat padat karya (labor intensif), yang artinya dapat menimbulkan kesempatan kerja yang besar. Untuk menaikkan produktifitas kerja disarankan pemerintah membuat kebijakan agar tenaga kerja dapat meningkatkan ketrampilan/keahlian (skill), sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENYERAPAN TENAGA KERJA INDUSTRI KECIL MENENGAH FURNITURE KAYU DI KOTA BANDA ACEH (ANNISAA MAULYA RIZKI, 2016)

DAMPAK KEBIJAKAN UPAH MINIMUM PROVINSI TERHADAP KESEMPATAN KERJA DI PROVINSI ACEH (Adnan, 2017)

ANALISIS KESEMPATAN KERJA DAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI ACEH (Zakia Izzati , 2015)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA SUB SEKTOR PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH (Muji burrahmat, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TRANSFORMASI TENAGA KERJA DARI SEKTOR PERTANIAN KE SEKTOR INDUSTRI DI KABUPATEN ACEH UTARA (Riska Agustriana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy