//

PROSPEK BUDIDAYA SAYURAN HIDROPONIK DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FIRDAUSI NUZULA - Personal Name

Abstrak/Catatan

PROSPEK BUDIDAYA SAYURAN HIDROPONIK DI KOTA BANDA ACEH Oleh : Firdausi Nuzula 1205102010023 Hidroponik berasal dari kata hidro yang berarti air dan ponus yang berarti daya. Produk yang dihasilkan dengan teknologi hidroponik memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan teknologi konvensional. Sistem ini dapat menguntungkan masyarakat dari kuantitas dan kualitas tanaman yang dihasilkan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prospek sayuran hidroponik dari analisis biaya dan aspek pemasaran di lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis biaya budidaya sayuran hidroponik di atas dapat diketahui bahwa untuk tanaman selada dengan total biaya Rp 1.695.996,- mendapatkan penghasilan bersih sebesar Rp 1.364.004,- per tahun. Sedangkan tanaman pakcoy dengan total biaya Rp 1.695.862,- menerima keuntungan sebesar Rp 1.364.138,-. R/C ratio pada budidaya sayuran hidroponik selada dan pakcoy di Kota Banda Aceh sebesar 2. BEP produksi pada sayuran selada dan pakcoy adalah 339 batang yaitu pada masa tanam kedua. Sedangkan nilai BEP harga sayuran selada dan pakcoy adalah Rp 2.771,-. Sayuran hidroponik dipasarkan langsung ke tangan konsumen tanpa adanya pihak lain dalam saluran pemasarannya. Permintaan akan sayuran hidroponik terus meningkat dalam satu tahun terakhir. Kata Kunci : Hidroponik, analisis biaya. Aspek pemasaran

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANAJEMEN USAHA SAYURAN TANAMAN SAWI HIDROPONIK DI SMK-PP NEGERI SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR. (RAHMATON UMMAH, 2017)

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI TANAMAN SAWI HIDROPONIK DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM NFT (NUTRIENT FILM TECHNIQUE) DI UPTD BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERTANIAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (HERA MUKHLISA, 2017)

PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN NUTRISI AB MIX TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN BAYAM HIJAU (AMARANTHUS TRICOLOR L.) PADA SISTEM HIDROPONIK DFT (DEEP FLOW TECHNIQUE) TIPE MENDATAR (Hariyadi, 2018)

PROSPEK PENGEMBANGAN BUDIDAYA JAMBU MADU DELI HIJAU DI KELURAHAN SUMBER KARYA KECAMATAN BINJAI TIMUR KOTA BINJAI (STUDI KASUS PADA USAHA RIZKI JAMBU MADU) (TIKA NURJANNAH RANGKUTI, 2016)

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MELON (CUCUMIS MELO L.) PADA BERBAGAI JENIS MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI NUTRISI HYDRO-J MELON SECARA HIDROPONIK SUBSTRAT (RIKA TRISNAWATI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy