//

KEKUATAN TARIK AKAR BAMBU TERHADAP STABILITAS TANAH DI BAWAH LERENG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Ramadhan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Hujan lebat berkelanjutan pada lereng dari sebagian akar-akar pohon besar tidak menembus slip surface dapat menyebabkan terjadi tanah longsor dan mengakibatkan banjir bandang. Pohon yang terletak di bagian atas dan tengah dapat mengurangi stabilitas lereng. Berbagai faktor seperti mekanika dan hidrologi dalam menentukan stabilitas lereng perlu dipertimbangkan. Fenomena dan mekanisme faktor pohon bambu, terutama mengenai kekuatan tarik akar yang disebabkan oleh interaksi akar-tanah. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan gaya cabut dan kekuatan tarik akibat interaksi akar-tanah terhadap kekuatan geser di bawah lereng. Pengujian di lapangan menggunakan metode gaya cabut akar dengan mengamati variabel diameter dan jumlah akar. Pengujian dilakukan dengan alat berkaki tiga (tripod) yang dilengkapi alat ukur (strain gauge) sebagai instrumen pencatat kekuatan akar. Lokasi penelitian dilakukan pada lereng normal dan banjir bandang. Hasil di laboratorium menunjukan bahwa pada lokasi lereng normal memiliki jenis tanah lanau anorganik dan lokasi banjir bandang adalah lempung anorganik. Sementara, hasil di lapangan menunjukan bahwa gaya cabut akar meningkat sangat signifikan terhadap pertambahan jumlah dan diameter akar. Sebaliknya, kekuatan tarik akar dalam setiap unit luas tanah menurun seiring bertambah jumlah akar. Berdasarkan grafik menunjukan bahwa jumlah akar lebih dari lima mulai tidak signifikan terhadap kekuatan tarik. Hal ini, menunjukan bahwa perakaran bambu yang padat dan penyebaran di bawah lereng, maka kekuatan tarik akar yang berinteraksi dengan tanah mulai stabil. Kekuatan tarik mempengaruhi nilai kohesi tambahan terhadap kekuatan geser. Kekuatan geser akan bertambah seiring bertambahnya nilai kohesi tambahan akibat interaksi dengan tanah. Kata kunci : Kekuatan tarik akar, kohesi tambahan, kekuatan geser tanah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAYA TARIK AKAR BAMBU TERHADAP STABILITAS LERENG (Ismail, 2018)

PENGUATAN AKAR BAMBU DI BAWAH LERENG KEPADA KONTRIBUSI KEKUATAN GESER TERHADAP STABILITAS TANAH . (haris novian saputra, 2017)

KONTRIBUSI AKAR BAMBU TERHADAP PENINGKATAN PARAMETER KUAT GESER TANAH AKIBAT BANJIR BANDANG (Maulana Rizki Nst, 2017)

KAJIAN SEKITAR AREA TANAH LONGSOR DI LOKASI SEULIMUM KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN PENGUJIAN GESER LANGSUNG (Mizwar Shiddiq, 2017)

KAJIAN SEKITAR AREA TANAH LONGSOR DI LOKASI LHOONG JALAN BANDA ACEH-MEULABOH KM 28+000 KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN PENGUJIAN GESER LANGSUNG (Julianda, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy