//

PEKERJA ANAK DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (STUDI KASUS : PEKERJA ANAK DI GAMPONG PULO KRUET KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Insafuddin - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pekerja anak salah satu tindakan yang bertentangan dengan undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Namun di Nagan Raya terdapat pekerja anak diperkebunan kelapa sawit. Hal tersebut menarik untuk diteliti, dimana penelitian ini ingin mengetahui penyebab anak-anak bekerja di perkebunan kelapa sawit, dan juga untuk mengetahui tanggapan keluarga terhadap anak bekerja di pekerbunan kelapa sawit.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tindakan Sosial. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara terstruktur sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan anak-anak yang di bawah umur 18 tahun bekerja di perkebunan kelapa sawit karena keinginan sendiri memiliki uang dari hasil kerja sendiri dan tidak merepotkan orang tua, ingin mengumpulkan uang untuk merantau ke daerah lain di antaranya ke Malaysia. Sebagai anak laki-laki kerja hal yang utama mulai dari usia muda dan sekolah tidak begitu penting, sudah terbiasa kerja di kebun sawit sendiri sehingga muncul keinginan untuk bekerja di tempat orang lain untuk menambah pendapatan, pemikiran sekolah mengabiskan uang, kalau bekerja dapat uang, tidak ada keinginan untuk sekolah, nasib seseorang tidak tergantung pada sekolah, sehinga masih umur 16 tahun seharusnya dia sekolah akan tetapi dia tidak sekolah lagi, inggin bekerja, sekolah tingi belum tentu sukses bekerja dari muda sudah jelas mendapatkan uang dan bisa di tabung. Karena melihat ayah dan saudara-saudaranya bisa kaya dari hasil menanam sawit dan bekerja di perkebunan kelapa sawit, tidak harus sekolah tingi sampai jadi sarjana, sebagai anak harus membalas jasa orang tua sebelum menikah harus bekerja memberikan hasil kerja kerasnya untuk ayah/ibu. Kata Kunci : Pekerja Anak, Perkebunan Kelapa Sawit, Nagan Raya Viii

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN PANGAN MENJADI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN DARUL MAKMUR, NAGAN RAYA (1990-2013) (Ayuni, 2016)

PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP PENGELUARAN RUMAH TANGGA PEKERJA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN INDRA MAKMU (mariati, 2014)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA SUB SEKTOR PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH (Muji burrahmat, 2018)

PERILAKU SADAR GIZI IBU RUMAH TANGGA DI DESA SERBAGUNA KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Nova DianSari EkaNingsih, 2016)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DARUL MAKMUR MENULIS DONGENG (Samsul Rizal, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy