//

KEKUATAN MODAL SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN PANAS BUMI (GEOTHERMAL) DI ACEH (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA MUKIM GUNONG BIRAM SEULAWAH, ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aryawan Bancin - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK ARYAWAN BANCIN 2016 KEKUATAN MODAL SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN PANAS BUMI (GEOTHERMAL) DI ACEH (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Mukim Gunong Biram Seulawah, Aceh Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (XII, 78), pp, bibl, app (Masrizal., MA) Mukim Gunong Biram adalah salah satu mukim yang ada di Kecamatan Lembah Seulawah Aceh Besar. Di daerah kawasan Mukim Gunong Biram ini termasuk dalam kawasan wilayah kerja panas bumi (geothermal) tepatnya di tiga Gampong yang ada di wilayah mukim tersebut. Yakni Gampong Teuladan, Paya Keurleuh dan Lamtamot. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kekuatan modal sosial masyarakat mukim Gunong Biram dalam pengelolaan panas bumi geothermal di Aceh serta dampak analisis telaah dari gambaran modal sosial masyarakat terkait kegiatan pengusahaan energi panas bumi baik perubahan sosial maupun pada lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui data primer yang diperoleh melalui wawancara, dengan beberapa informan utama, observasi dan dokumentasi. Sementara untuk data sekunder dalam bentuk buku, jurnal, dokumen, dan sumber-sumber lain yang sah. Semua data dianalisis secara kualitatif dengan di dukung pula dari informan kunci pada spesialisasi masing-masing. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori modal sosial. Di mana teori ini untuk melihat modal sosial yang dimiliki masyarakat sebagai kekuatan (power) dalam pengelolaan geothermal panas bumi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat siap untuk menerima kehadiran proyek energi panas bumi, dengan dasar pada modal sosial yang ada pada masyarakat yang menjadi modal penting yakni sikap menaruh kepercayaan (social trust) yang tinggi terhadap kehadiran geothermal ini. Di mana masyarakat meyakini dengan hadirnya pengelolaan geothermal ini akan mendatangkan suat perubahan baik bagi mereka terutama pada sektor sosial ekonomi masyarakat. Kemudian bentuk hubungan keterkaitan masyarakat (social network) proaktif masyarakat yang ikut terlibat langsung di ruang Aceh Geothermal Forum (AGF) dalam mengontrol menjadikannya sebagai kekuatan sosial yang akan berorientasi pada ketahanan sosial, serta nilai-nilai dalam pengelolaannya tidak terlepas dari nilai adat istiadat masyarakat setempat. Kata Kunci : Modal Sosial, Energi Panas Bumi (Geothermal), Ketahanan Sosial

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN GEOKIMIA AIR PANAS BUMI MANIFESTASI IE- JUE DAERAH UPFLOW LAMTEUBA SEULAWAH-AGAM, ACEH BESAR (Muksin Alatas, 2017)

EVALUASI KECEPATAN LARI DAN KELINCAHAN PEMAIN SEPAKBOLA KLUB GUNUNG BIRAM SPORT LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR (MAULIDIA, 2015)

KAJIAN GEOKIMIA AIR PANAS BUMI MANIFESTASI IE SEU’UM DAERAH OUTFLOW SEULAWAH AGAM, ACEH BESAR (Subhan, 2017)

INVESTIGASI STRUKTUR 2D LAPANGAN PANAS BUMI SEULAWAH AGAM BERDASARKAN DATA PENGUKURAN GRAVITY (Tomi Afrizal, 2014)

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN DANGKAL PADA LAPANGAN PANAS BUMI IE JUE, SEULAWAH AGAM MENGGUNAKAN (Teuku Ryan Fachrianta, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy