//

DISORGANISASI SOSIAL PADA MAHASISWA (ANALISIS PERILAKU INTERNET ADDICTION MAHASISWA INFORMATIKA UNSYIAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ELSA DIANITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Internet merupakan perkembangan teknologi dan informasi yang memberikan dampak besar bagi kehidupan masyarakat. Terdapat dampak positif dan negatif dari penggunaan internet. Dampak positif dari internet antara lain sebagai media komunikasi, pertukaran data, mencari informasi, dan untuk manfaat komunitas. Salah satu dampak negatifnya adalah membuat seseorang menjadi kecanduan internet (internet addiction). Seseorang yang kecanduan internet memiliki kecenderungan untuk melakukan aktivas yang dilakukan sendiri dan mengurangi aktivitas sosialnya. Hal ini dapat menyebabkan disorganisasi sosial. Disorganisasi sosial merupakan melemahnya jaringan dan pola hubungan yang mengikat individu bersama-sama dalam suatu kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang membuat mahasiswa Informatika Unsyiah menjadi pecandu internet dan perilaku internet addiction yang menyebabkan disorganisasi sosial pada mahasiswa Informatika Unsyiah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dimana informan diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Untuk menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan teori tindakan sosial Max Weber. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara, kemudian di analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Informatika Unsyiah menjadi pecandu internet dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya karena kebutuhan akan informasi dan komunikasi, mengisi waktu luang, menghilangkan rasa stress, melarikan diri dari masalah, dan meredakan perasaan negatif. Sedangkan faktor eksternal diantaranya tuntutan akademis, fasilitas yang mendukung, terlatih menggunakan teknologi terbaru internet dan jauh dari pengawasan orang tua. Perilaku internet addcition ini menyebabkan disorganisasi sosial dikarenakan melemahnya jaringan dan pola hubungan yang mengikat individu dalam suatu kelompok, kurang berfungsinya social rules dalam sistem kehidupan sosial, mengalami kemerosotan solidaritas kelompok, dan melemahnya daya empati. Kata kunci : Internet Addiction, Disorganisasi Sosial, Mahasiswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DENGAN KECENDERUNGAN KECANDUAN INTERNET PADA MAHASISWA UNSYIAH (Rahmalia Putri, 2014)

HUBUNGAN INTERNET ADDICTION DENGAN POLA TIDUR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rina Maulida, 2017)

HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNSYIAH ANGKATAN 2014 (ZULFAN, 2016)

HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN KECANDUAN INTERNET PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Maghfirah Nur Erfa, 2016)

HUBUNGAN ADIKSI INTERNET DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Andry Khairani Ramadana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy