//

PENGARUH JENIS PELARUT TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN KANDUNGAN FENOL BEBERAPA JENIS BAYAM DAN SAYURAN LAIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SAUFA YURA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh jenis pelarut terhadap aktivitas antioksidan dan kandungan fenol beberapa jenis bayam dan sayuran lain (bayam biji, bayam merah, bayam liar, bayam sayur, bayam ornamental, daun sawi, daun kangkung, daun kelor, daun ubi, dan daun melinjo). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor jenis pelarut dan jenis sayuran berpengaruh sangat nyata terhadap aktivitas antioksidan (IC50) dan total fenol. Interaksi antara jenis pelarut dan jenis sayuran berpengaruh sangat nyata terhadap aktivitas antioksidan (IC50), tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap total fenol. Daun ubi yang diekstraksi dengan menggunakan pelarut metanol memiliki aktivitas antioksidan (IC50) yang tertinggi (16,06 µg/ml) dibandingkan sayuran lainnya (bayam biji, bayam merah, bayam liar, bayam sayur, bayam ornamental, daun sawi, daun kangkung, daun kelor, dan daun melinjo). Daun melinjo memiliki nilai total fenol tertinggi yaitu 1,56 (GAE) mg/g sayur. Hasil ekstraksi dengan menggunakan pelarut air menghasilkan nilai total fenol yang lebih tinggi dibandingkan dengan pelarut metanol. Kata kunci : pelarut, aktivitas antioksidan, total fenol

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KANDUNGAN ANTIOKSIDAN PADA DAUN BAYAM (AMARANTHUS SPP.KANDUNGAN ANTIOKSIDAN PADA DAUN BAYAM (AMARANTHUS SPP.) BEBERAPA VARIETAS DI INDONESIA DAN NEGARA LAIN (Ahmad Sofyan, 2014)

ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI EKSTRAK BUNGA CEMPAKA PUTIH (MICHELIA ALBA D.C.) (Irma Suryani, 2018)

PENGARUH JENIS PELARUT DAN METODE EKSTRAKSI TERHADAP KANDUNGAN KIMIA DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK DAUN MELINJO (GNETUM GNEMON L.) (IRMA YUNITA, 2015)

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN KANDUNGAN TOTAL KAFEIN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA L) GAYO PADA BEBERAPA WAKTU TUNDA PULPING (Maulidiya Izzati, 2016)

EKSTRAKSI SENYAWA BIOAKTIF PADA TIMUN ACEH (CUCUMIS SATIVUS L.) DENGAN VARIASI JENIS PELARUT DAN WAKTU EKSTRAKSI (DESY TRYANA SARI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy