//

ANALISIS QUALITY CONTROL PEMADATAN TANAH DENGAN DYNAMIC COMPACTION PADA PERLUASAN RUNWAY BANDAR UDARA REMBELE KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Saifuddin - Personal Name

Abstrak/Catatan

Bandar Udara Rembele merupakan bandar udara yang terletak di daerah pengunungan yang pada umumnya memiliki kontur tanah berbukit dan bergelombang. Berdasarkan kondisi kontur tanah di bandara tersebut, dimana ketinggian timbunan pada landasan pacu (runway) kurang lebih mencapai 32 meter yang tidak mungkin dipadatkan dengan menggunakan metode konvensional. Hal yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah tingginya pemadatan tanah timbunan yang melebihi 10 meter dapat menyebabkan settlement (penurunan elevasi tanah). Dalam hal ini pemadatan yang digunakan pada perluasan landasan pacu tersebut yaitu menggunakan dynamic compaction (pemadatan dinamis). Prinsip dasar dari pemadatan ini adalah dengan menjatuhkan beban (pounder) dari ketinggian yang memberikan benturan (impact). Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kualitas (quality) pemadatan tanah secara mekanis dengan menggunakan dynamic compaction pada pondasi bawah runway aman terhadap penurunan elevasi tanah. Metode yang digunakan untuk mengetahui kualitas dari pemadatan tersebut terdiri dari dua tahap yaitu tahap pertama megumpulkan data pengujian kepadatan tanah dari pihak perencanaan bandara meliputi data pengujian Standard Penetration Test (SPT), Cone Penetration Test (CPT) dan data kerapatan relatif (Dr), kemudian dikontrol sesuai dengan persyaratan tingkat kepadatan tanah dan tahap kedua menganalisis kualitas dengan korelasi nilai N, qc, California Bearing Ratio (CBR) dan kerapatan relatif (Dr), dimana CBR yang diizinkan untuk timbunan pilihan yaitu CBR ≥24% dan tingkat kerapatan relatif >90%. Kualitas dari pemadatan tanah dengan menggunakan dynamic compaction tergolong pemadatan yang cukup baik dengan nilai kepadatan yang dipeoleh memenuhi tingkat kepadatan. Pengujian kepadatan tanah dengan menggunakan SPT dan CPT (qc > 120 kg/cm2), CBR (>24%) dan nilai kerapatan relatif (Dr) >90%. Kata Kunci : Runway, Quality, Dynamic Compaction.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINJAUAN PERENCANAAN GEOMETRIK DI BANDAR UDARA REMBELE KABUPATEN BENER MERIAH (Taufiq Andria, 2016)

STUDI PERENCANAAN PENGEMBANGAN RUNWAY, TAXIWAY, DAN APRON BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH BESAR (Milla Al-Barrah, 2018)

TINJAUAN KELAYAKAN EKONOMI PENGEMBANGAN BANDAR UDARA REMBELE BENER MERIAH (Ivan Windiara, 2016)

PENGETAHUAN IBU TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT SEBELUM DAN SETELAH PENYULUHAN DI POSYANDU PUSKESMAS BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH TAHUN 2013 (Ria Zahriati, 2016)

TEMPAT REKREASI DAN WAHANA AIR PANAS DI BENER MERIAH TEMA : METAFORA (WATERSPACE ARCHITECTURE) (Risa Yulia, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy