//

PENGARUH INFRASTRUKTUR EKONOMI DAN SOSIAL TERHADAP PEREKONOMIAN ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRA ARIANTIKA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak Judul : Pengaruh Infrastruktur Ekonomi dan Sosial Terhadap Perekonomian Aceh Nama : Ira Ariantika NIM : 1201101010048 Fakultas/Jurusan : Ekonomi & Bisnis/Ekonomi Pembangunan Konsentrasi : Ekonomi Perkotaan Pembimbing : Ikhsan, S.E., M.A Baik atau buruknya laju perekonomian suatu daerah dapat dilihat dari pertumbuhan ekonominya. Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu daerah dalam pembangunan. Perekonomian yang tumbuh dengan baik setiap tahunnya mencerminkan pemerataan pembangunan dan tingkat kesejahteraan masyarakat yang baik. Pertumbuhan ekonomi yang positif dapat menggambarkan aktifitas perekonomian yang lebih baik dari suatu daerah. Salah satu komponen yang harus dimiliki oleh wilayah untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah infrastruktur, baik infrastruktur ekonomi dan infrastruktur sosial berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh dari infrastruktur ekonomi dan sosial terhadap perekonomian Provinsi Aceh. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel dengan pendekatan fixed effect model yang sudah di transformasikan dalam metode EGLS. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari badan pusat statistik (BPS) Provinsi Aceh dan dinas bina marga Aceh. Penelitian ini memiliki observasi jangka waktu lima tahun yaitu tahun 2010-2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infrastruktur sekolah dan puskesmas memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap perekonomian Aceh. Infrastruktur jalan memiliki hubungan yang positif namun tidak signifikan terhadap perekonomian di Aceh. Sedangkan infrastruktur irigasi memiliki hubungan negatif dan tidak signifikan. Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi, Infrastruktur Ekonomi dan Sosial, Analisis Regresi Data Panel

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN KOTA MEULABOH, 1956-2014 (STUDI TENTANG: INFRASTRUKTUR DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI) (Fitri Safriaton, 2015)

EKSTERNALITAS INFRASTRUKTUR HIJAU (STUDI KASUS: TAMAN SARI DI KOTA BANDA ACEH) (BUNGA AMBARIANI, 2018)

KORELASI INFRASTRUKTUR TERHADAP KUNJUNGAN PARIWISATA PROVINSI ACEH (Farah Raudah, 2018)

PENGARUH INFRASTRUKTUR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI ACEH (SRI RAHMAH, 2016)

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR WILAYAH DAN KETIMPANGAN PDRB DAERAH DI INDONESIA (Tuahman Sipayung, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy