//

ANALISIS PERILAKU DAN KEKUATAN PANEL PRACETAK FERROFOAM CONCRETE DENGAN BENTUK KONFIGURASI Ո YANG DIBEBANI LENTUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zaeri Tahrizi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Bahan beton pada konstruksi pracetak masih menggunakan beton konvesional yang menghasilkan berat konstruksi yang besar, sehingga dalam mobilisasi, demobilisasi dan pemasangan memerlukan alat berat. Pada elemen tertentu, penggunaan beton ringan akan mengurangi ketergantungan pada alat berat. Pada penelitian ini dikembangkan beton ringan dengan metode pracetak yaitu panel pracetak ferrofoam concrete bentuk Ո. Pengujian dilakukan untuk mengetahui perilaku dan kekuatan panel Ո yang dibebani lentur. Benda uji yang dibuat mempunyai panjang bentang 2200 mm, lebar 600 mm dan 500 mm, tinggi 120 mm dan 80 mm, tebal 30 mm, dengan variasi pada lebar dan tinggi. Tiap panel mengunakan lima tulangan Ø8 mm yang bertegangan luluh 339,68 Mpa dan satu lapis wiremesh Ø1 mm yang bertegangan luluh 530,312 Mpa, dengan jarak antar as wiremesh 25,4 mm. Proporsi campuran panel dengan FAS 0,4 menghasilkan berat volume sebesar 1630,22 kg/m3 dan mutu 21 MPa. Panel pracetak yang diuji diletakkan di atas dua tumpuan sendi dan rol dengan jarak antar tumpuan 2000 mm dan dilakukan pembebanan aksial pada dua titik yang dikontrol dengan pembacaan dial pada hydraulic jack. LVDT diletakkan di tengah bentang dan pada jarak 450 mm dari tumpuan, sedangkan strain gages terletak pada tulangan tarik tengah bentang panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panel Ո 600-120 memikul beban ultimit sebesar 1,24 ton dan mengalami lendutan 67,34 mm, panel Ո 600-80 memikul beban ultimit sebesar 0,72 ton dan mengalami lendutan 70,30 mm, dan panel Ո 500-80 memikul beban ultimit sebesar 0,52 ton dan mengalami lendutan 50,75 mm. Pola retak yang terjadi ketika panel gagal adalah pola retak lentur. Berdasarkan hasil pengujian kuat lentur terhadap panel pracetak menunjukkan bahwa semakin besar lebar panel maka beban ultimit dan lendutan semakin besar, dan semakin besar tinggi badan panel maka beban ultimit dan lendutan juga besar. Kata Kunci : Panel pracetak ferrofoam concrete, perilaku dan kekuatan panel Ո, lentur.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU LENTUR PLAT LANTAI PRACETAK BETON RINGAN BERTULANG (Zulham, 2016)

PERILAKU DAN ANALISA KEKUATAN PANEL PRACETAK FERROFOAM CONCRETE YANG DIBEBANI LENTUR (Zulfan Effendi, 2016)

PERILAKU LATERAL STRUKTUR DINDING PANEL PRACETAK FERROFOAM CONCRETE (Dessy Salsabila, 2018)

ANALISIS PERILAKU DAN KEKUATAN PANEL PRACETAK FERROFOAM CONCRETE DENGAN BENTUK KONFIGURASI U YANG DIBEBANI LENTUR (Rifqy Tahdzir, 2017)

PERILAKU BALOK PROFIL KANAL (C) KONSFIGURASI (I) FERROFOAM CONCRETE AKIBAT BEBAN LENTUR (Farid Saputra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy