//

PROSPEK PENGEMBANGAN USAHATANI JERNANG DI KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT EGA SAVITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Prospek Pengembangan Usahatani Jernang di Kabupaten Aceh JayaCut Ega Savita/Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala AbstrakJernang adalah salah satu jenis tanaman rotan yang memiliki nilai komersial tinggi pada getah yang melapisi kulit buahnya. Kabupaten Aceh Jaya merupakan daerah yang potensial dalam pengembangan budidaya tanaman jernang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prospek dari pengembangan usahatani jernang di Kabupaten Aceh Jaya ditinjau dari aspek teknis dan aspek finansial. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya dengan metode survei. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif untuk meninjau aspek teknis dan kriteria investasi untuk aspek finansial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan aspek teknis yang mencakup kesesuaian iklim dan persyaratan tumbuh, jenis tanah dan penerapan teknik budidaya, usahatani jernang layak untuk diusahakan; (2) Hasil peninjauan aspek finansial, usaha budidaya tanaman jernang di Kabupaten Aceh Jaya dinyatakan layak untuk diusahakan yang dilihat dari perolehan nilai NPV sebesar Rp. 101.351.595,-, Net B/C Ratio sebesar 9,24, IRR sebesar 51% dan BEP terjadi pada tahun ke-6 bulan ke-7 hari ke-13.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSPEK PENGEMBANGAN USAHATANI APELRN(STUDI KASUS PADA USAHATANI APEL SISWANTO)RNDI DESA DISPOT LINGE KECAMATAN LINGERNKABUPATEN ACEH TENGAH (FITRI SATYA NINGSIH, 2015)

ANALISIS KELAYAKAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI TEMBAKAU DI DESA MEURANDEH ALUE KECAMATAN BANDAR DUA KABUPATEN PIDIE JAYA (Bustami, 2014)

PROSPEK USAHATANI KAKAO DI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Nova Sri Wanda, 2017)

KONTRIBUSI USAHATANI KAKAO TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA REULEUT KECAMATAN ULIM KABUPATEN PIDIE JAYA (ERNI LISTIA, 2016)

PROSPEK PENGEMBANGAN BUDIDAYA JAMBU MADU DELI HIJAU DI KELURAHAN SUMBER KARYA KECAMATAN BINJAI TIMUR KOTA BINJAI (STUDI KASUS PADA USAHA RIZKI JAMBU MADU) (TIKA NURJANNAH RANGKUTI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy