//

PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riza Novia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Model pembelajaran quantum teaching, hasil belajar Penelitian ini berjudul “pengaruh pelaksanaan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP negeri 11 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sejarah dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching di bandingkan dengan metode konvesional pada mata pelajaran IPS. Pendekatam yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP 11 Banda Aceh, yang berjumlah 100 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-2 sebagai eksperimen yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalaui pemberian tes (post-tes) sedangkan teknik pengolahan dan anlisis data menggunakam rumus kolerasi product moment dan data tersebut diolah dengan menggunakan rumus uji t. hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Perhitungan korelasi (r) untuk mencari pengaruh variabel X dan Y diperoleh hasil sebesar r = 0,96, yang menunjukkan nilai kolerasi yang sangat tinggi, dan juga diperoleh hasil dari uji hipotesis ( uji t ) yaitu thitung 73,78 dan ttabel 1,68. Karena thitung lebih besar dari ttabel (73,78≥1,68), sehingga hasil penelitian tersebut tinggi karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa maka korelasinya signifiknya yang berarti Ha diterima dan Ho di tolak. Dari hasil tersebut model pembelajaran quantum teaching memberi pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 11 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Riza Novia, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT DAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Amalia Husna, 2017)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN NON QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 3 PEUREULAK (Iqbal Khadafi Phonna, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy