//

PROFIL AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF KELAS XI DI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang REFA JULAINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : profil aktivitas dan hasil belajar, strategi metakognitif, mata pelajaran fisika Penelitian ini berjudul “profil aktivitas dan hasil belajar fisika siswa menggunakan strategi metakognitif kelas XI di SMA Negeri 1 Ingin Jaya” ini mengangkat masalah bagaimanakah profil aktivitas dan hasil belajar dengan strategi metakognitif dalam pembelajaran fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil aktivitas, hasil belajar, dan tanggapan siswa dengan strategi metakognitif dalam pembelajaran fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Untuk menentukan subjek dan objek digunakan teknik pengambilan yang dipilih oleh peneliti, sehingga penelitian ini adalah kelas XI-IPA-1 yang berjumlah 30 Siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi siswa, tes, dan angket, data diolah menggunakan statistik persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa aktivitas siswa dengan menggunakan strategi metakognitif dapat dikatakan baik, karena terjadi peningkatan persentase aktivitas siswa dari pertemuan petama dan kedua, yaitu dari 76,12% sampai 88,62%, hasil belajar siswa juga meningkat yaitu dari 73,33% sampai 90,00% ketuntasan klasikal, dan tanggapan siswa juga dikatakan tertarik karena persentasenya mencapai 98,34% tanggapan positif dan 1,66% tanggapan negatif. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi metakognitif dalam proses pembelajaran guna menambah wawasan dan keaktifan siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Nurdiana, 2014)

HUBUNGAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DI KLEAS X MIA1 SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (Yenny Kurniawati, 2017)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL-GROUP WORK DIKELAS X-8 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Safrida, 2014)

PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (KSP) DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (Rafidah, 2015)

EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ENERGI PANAS DIRNKELAS IV SD NEGERI MEUNASAH TUTONGRNKECAMATAN INGIN JAYARNACEH BESAR (Aninah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy