//

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP TINDAKAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN BAITURRAHMAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Azka Muda Adri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penyakit demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang sering merisaukan masyarakat karena dapat menyebabkan kematian. Penyakit demam berdarah dengue ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus yang mengandung virus dengue. Pencegahan terhadap penyakit demam berdarah dengue adalah dengan mencegah gigitan nyamuk aedes aegypti maupun aedes albopictus yang mengandung virus dengue terhadap manusia. Salah satu cara pencegahan penyakit demam berdarah dengue adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi media perindukan nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus, yaitu berupa pemberantasan sarang nyamuk dan pelaksanaan 3M (menguras, menutup, dan mengubur). Setiap persoalan kesehatan termasuk dalam upaya penanggulangan penyakit demam berdarah dengue faktor perilaku senantiasa berperan penting. Perhatian terhadap faktor perilaku sama pentingnya dengan perhatian faktor lingkungan, khususnya dalam hal pencegahan penyakit. Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan pada bulan 1 Maret 2016 sampai 31 Maret 2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling sebanyak 96 responden. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan kuat antara tingkat pengetahuan (p value = 0,002) (rs = 0,695), sikap ( p value = 0,002) ( rs = 0,697) terhadap tindakan pencegahan demam berdarah dengue pada masyarakat di Kecamatan Baiturrahman. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pengetahuan dan sikap terhadap tindakan pencegahan demam berdarah dengue pada masyarakat di Kecamatan Baiturrahman. Dimana semakin tinggi pengetahuan, maka semakin baik tindakan terhadap pencegahan demam berdarah dengue. Semakin baik sikap, maka semakin baik tindakan pencegahan demam berdarah dengue pada masayarakat di Kecamatan Baiturrahman. Kata kunci:Pencegahan demam berdarah dengue,Pengetahuan,Sikap,Tindakan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINDAKAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)DI GAMPONG RUKOH KECAMATAN SYIAH KUALA (Ernarita, 2015)

PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN IBU-IBU RUMAH TANGGA PADA SAAT PRA BENCANA WABAH PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DI KOTA BANDA ACEH (NELLY SUSANTY, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP PRAKTIK PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI KOTA BANDA ACEH (AGUNG PRABOWO, 2017)

DISTRIBUSI JUMLAH SEBARAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DISTRIBUSI JUMLAH SEBARAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Farriz Ade Rezky, 2018)

PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TENTANG DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KECAMATAN ULEE KARENG (Hendra Rizqa, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy