//

PERBEDAAN PERILAKU PENCEGAHAN PENYAKIT DEMAM TIFOID PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syilvie De Nanda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Demam tifoid merupakan salah satu penyakit endemik di Indonesia. Demam tifoid ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar oleh bakteri Salmonella typhi. Banyaknya kejadian demam tifoid dapat dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan, sikap dan tindakan terhadap penyakit demam tifoid. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perilaku pencegahan penyakit infeksi demam tifoid pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Desain penelitian adalah comparative study Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner. Jumlah populasi sebesar 316 responden dengan teknik pengambilan sampel secara proportional random sampling dengan 75 responden sebagai sampel penelitian. Uji analisis data menggunakan Mann Whitney U Test. Hasil uji statistic Mann Whitney U Test diperoleh data yaitu pengetahuan laki-laki terhadap pencegahan penyakit demam tifoid berada pada kategori kurang (22,1%) sedangkan perempuan pada kategori baik (59,1%), Sikap laki-laki terhadap pencegahan penyakit demam tifoid pada kategori cukup (51,6%) sedangkan perempuan pada kategori baik (52,3%), Tindakan laki-laki terhadap pencegahan penyakit demam tifoid berada pada kategori cukup (51,6%) sedangkan perempuan berada pada kategori baik (63,6%). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perilaku pencegahan penyakit demam tifoid pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (p = 0,026). Diharapkan kepada rmahasiswa dapat meningkatkan informasi tentang PHBS seperti mempertahankan perilaku higiene, menjaga kesehatan dalam upaya pencegahan penyakit agar terhindar dari penyakit demam tifoid.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN CARA PENGOLAHAN DAN PENYIMPANAN MAKANAN DAN MINUMAN TERHADAP KEJADIAN DEMAM TIFOID PADA PASIEN RAWAT INAP DI BEBERAPA RUMAH SAKIT DI KOTA BANDA ACEH (Disky Fahroza Fonna, 2018)

TINDAKAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)DI GAMPONG RUKOH KECAMATAN SYIAH KUALA (Ernarita, 2015)

TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA ANGKATAN 2012 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP PENCEGAHAN PENYAKIT CACAR AIR (VARICELLA) (MUHAMMAD ZHEA FATHARA, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP TINDAKAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN BAITURRAHMAN (Azka Muda Adri, 2016)

PERILAKU MAHASISWA PROGRAM PROFESI KEPERAWATAN UNSYIAH TERHADAP PENCEGAHAN PENULARAN TUBERKULOSIS PARU DARI PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (Nazirah JF, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy