//

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA MAHASISWA BARU FMIPA UNSYIAH 2015 DENGAN MENGGUNAKAN CART (CLASSIFICATION AND REGRESSION TREES)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Hayatun Nufus - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mengingat pentingnya subyek matematika bagi mahasiswa berbagai upaya telah dilakukan untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan dasar matematika mahasiswa, terutama dalam mempersiapkan mereka untuk mengikuti materi perkuliahan yang berbasis kuantitatif di Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal tes kemampuan dasar matematika dan faktor-faktor yang menentukan kemampuan dasar matematika terhadap nilai skor tes kemampuan dasar matematika mahasiswa baru FMIPA Unsyiah 2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapat dari tes yang dilakukan oleh tim dosen matematika dasar yaitu dengan cara menyebarkan soal tes pada saat matrikulasi matematika dasar. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa baru FMIPA Unsyiah 2015 dari 7 program studi S1 yaitu Matematika, Statistika, Informatika, Biologi, Fisika, Kimia, dan Farmasi. Analisis yang digunakan untuk melihat kualitas soal tes kemampuan dasar adalah indeks tingkat kesukaran soal (difficulty index). Dari hasil analisis difficulty index soal yang dianggap sukar oleh mahasiswa baru FMIPA Unsyiah 2015 yaitu soal yang menguji pemahaman mahasiswa mengenai tentang bilangan rasional, persamaan garis lurus, faktor lengkap, ekspresi rasional, dan grafik fungsi. Analisis yang digunakan untuk melihat faktor-faktor yang menentukan kemampuan dasar matematika terhadap nilai skor tes adalah metode CART (Classification And Regression Trees) yang menghasilkan pohon klasifikasi (classification trees). Berdasarkan analisis pohon klasifikasi yang terbentuk dari metode CART tersebut, diduga bahwa faktor yang mempengaruhi kemampuan dasar matematika mahasiswa baru FMIPA Unsyiah 2015 adalah program studi dan akreditasi sekolah asal mahasiswa. Kata kunci : indeks tingkat kesukaran soal, metode CART, nilai skor tes dasar matematika, soal sukar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIMULASI AKURASI MENGGUNAKAN METODE RANDOM FOREST (STUDI KASUS : TES KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA MAHASISWA BARU FMIPA UNSYIAH 2015) (PUTRI SHALIHATUL ULA, 2017)

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA MATEMATIKA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI MATEMATIKA FMIPA UNSYIAH (Fika Mulia, 2014)

ANALISA RELIABILITAS INSTRUMEN UJIAN KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA MAHASISWA BARU FMIPA UNSYIAH TAHUN 2015/2016 (Ariska Devi, 2017)

HUBUNGAN LATAR BELAKANG MAHASISWA JALUR UNDANGAN DAN NILAI INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK)(STUDI KASUS MAHASISWA FMIPA UNSYIAH) (0908101010005, 2014)

HASIL UJI KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA MAHASISWA BARU FMIPA TAHUN 2015 DAN ANALISA BUTIR SOAL TES DENGAN MENGGUNAKAN INDEKS POINT BISERIAL (Riski Ayunanda, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy