//

TINGKAT KEPUASAN AUDIENCE TERHADAP DRAMA KOREA “THE HEIRS” DENGAN DRAMA INDIA “MAHABARATA” (STUDI TERHADAP MASYARAKAT KABUPATEN PIDIE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alviyanti Rahmazani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Semakin banyaknya stasiun televisi di Indonesia semakin banyak pula persaingan untuk menarik perhatian audience. Khususnya bagi RCTI dan ANTV yang sama-sama merupakan stasiun televisi berbasis hiburan. Dalam persaingan ini, RCTI menayangkan drama korea The Heirs dan ANTV menayangkan drama india Mahabarata, kedua drama tersebut sama-sama merupakan drama produksi luar negeri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan audience menonton drama korea The Heirs dengan drama india Mahabarata. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Uses and Gratifications. Penelitian ini dilakukan di kabupaten Pidie dengan menggunakan metode kuantitatif melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden. Pertanyaan yang disajikan dalam kuesioner diawali dengan intensitas menonton dan pertanyaan inti yang berdasarkan pada konsep motif McQuail yaitu motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, serta motif hiburan. Dari hasil penelitian menggunakan Independent Sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kepuasan menonton drama korea The Heirs dan drama india Mahabarata. Drama korea The Heirs di RCTI lebih memuaskan daripada drama india Mahabarata di ANTV. Jika dilihat dari motifnya, terdapat perbedaan kepuasan menonton drama korea The Heirs dan drama india Mahabarata pada motif identitas pribadi. Saran peneliti agar pihak ANTV memilih drama india yang mampu memenuhi semua kategori kepuasan. Kata kunci: Kepuasan Audience, Drama, Uses and Gratifications, The Heirs, Mahabarata

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK MENONTON DRAMA KOREA “BOYS BEFORE FLOWERS” TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU REMAJA SMA NEGERI 13 BANDA ACEH (NURIE PUSPITA SARI, 2014)

DAMPAK KETERGANTUNGAN MENONTON DRAMA KOREA TERHADAP PERILAKU MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Herpina, 2017)

MOTIVASI EKSTRINSIK MAHASISWA MENONTON DRAMA KOREA (Ira Yulianti Marbun, 2018)

THE IMPLEMENTATION OF DRAMA TECHNIQUE IN TEACHING SPEAKING TO THE SECOND YEAR STUDENTS OF SMA LAB SCHOOL UNSYIAH (Raihan Fitria, 2014)

KEMAMPUAN MEMPARAFRASE TEKS DRAMA MENJADI CERITA YANG PADU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH (Yoevi Juniar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy