//

POLA KEKERABATAN SUKU PAKPAK (SUATU STUDI DESKRIPTIF TERHADAP MASYARAKAT SUKU PAKPAK DI DESA SUMBUL BERAMPU, KECAMATAN LAE PARIRA, KABUPATEN DAIRI SUMATERA UTARA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RONAULI MATANARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: pola kekerabatan, suku pakpak Penelitian ini berjudul Pola Kekerabatan Suku Pakpak yang dilatarbelakangi oleh terjadinya perubahan atau pergeseran pola kekerabatan dari yang sebagaimana mestinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pola Kekerabatan pada masyarakat Suku Pakpak, (2) Apa penyebab terjadinya pergeseran Pola Kekerabatan masyarakat Suku Pakpak, (3) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam mempertahankan Pola Kekerabatan pada masyarakat Suku Pakpak di Desa Sumbul Berampu, Kec. Lae Parira, Kab. Dairi Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pola Kekerabatan Suku Pakpak, (2) Untuk mengetahui penyebab terjadinya pergeseran Pola Kekerabatan masyarakat Suku Pakpak, dan (3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam mempertahankan Pola Kekerabatan pada masyarakat Suku Pakpak di Desa Sumbul Berampu, Kec. Lae Parira, Kab. Dairi Sumatera Utara. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang tokoh adat di Desa Sumbul Berampu, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Teknik pengolahan data yang sudah dikumpulkna dari lapangan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola kekerabatan pada masyarakat Suku Pakpak berdasarkan Sulang Silima(lima unsur kekerabatan Pakpak), (2) Penyebab pergeseran pola tersebut adalah pengaruh budaya luar dan kurangnya pengetahuan mengenai pola kekerabatan, (3) Kendala yang dihadapi dalam mempertahan pola kekerabatan tersebut adalah masyarakat maupun generasi penerus dan pemerintah kurang perduli dengan permasalahan yang ada.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES AKULTURASI ANTARA MASYARAKAT SUKU BATAK TOBA DENGAN MASYARAKAT SUKU PAKPAK PADA PERKAWINAN DI KECAMATAN SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI SUMATERA UTARA (Hamzah F Padang, 2018)

PENYELESAIAN SENGKETA PEMBAGIAN HARTA WARISAN MENURUT HUKUM ADAT SUKU PAKPAK DI KECAMATAN SULTAN DAULAT KOTA SUBULUSSALAM (ZULIADI, 2018)

KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM PERKAWINAN CAMPUR SUKU JAWA DENGAN SUKU PAKPAK DI KOTA SUBULUSSALAM (Suparman, 2014)

POLA INTERAKSI MASYARAKAT SUKU ALAS DAN SUKU BATAK DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT (DIDESA LAWE BEKUNG,KECAMATANBADAR, KABUPATEN ACEH TENGGARA) (CHERLY AULIA, 2018)

PERGESERAN PROSESI BUDAYA TURUNMANI DALAM MASYARAKAT SUKU GAYO DI DESA TANSARIL KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH (Sri Marlia Sari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy