//

EFEKTIVITAS PENERAPAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP KESIAPSIAGAAN KOMUNITAS SMP ISLAM YPUI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang H A M D A N - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan simulasi bencana gempa bumi terhadap kesiapsiagaan komunitas SMP Islam YPUI Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis analiis statistik deskriptif. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan model one-group pretest-posttest design dan sampel yang digunakan adalah 30 orang komunitas sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, dewan guru, siswa, penjaga kantin, dan penjaga keamanan sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pengetahuan kebencanaan, sikap, dan tindakan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana gempa bumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase rata-rata kesiapsiagaan komunitas dari sebelum dan sesudah simulasi, yaitu aspek pengetahuan kebencanaan dan kesiapsiagaan (49,6% dan 88,3%), sikap kesiapsiagaan (59% dan 74%), dan tindakan kesiapsiagaan (55,4% dan 85,5%). Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan simulasi bencana gempa bumi adalah efektif dalam meningkatkan kesiapsiagaan komunitas SMP Islam YPUI Banda Aceh dalam menghadapi ancaman bencana gempa bumi. Kata Kunci: Efektivitas, Simulasi, Gempa Bumi, Kesiapsiagaan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENERAPAN METODE SIMULASI SCHOOL WATCHING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI RNBENCANA GEMPA BUMI (HUSNUL KHATIMAH, 2015)

PENGARUH METODE SIMULASI PENGURANGAN RISIKO BENCANA TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI ANCAMAN BENCANA GEMPA BUMI DI SD ULEE PAYA PULO BREUH RNACEH BESAR (POCUT ZAIRIANA FINZIA, 2015)

IDENTIFIKASI KEBUTUHAN SMA NEGERI 2 KLUET UTARA MENJADI SEKOLAH SIAGA BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI (FADLI SUHADA, 2015)

PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATERI GEMPA BUMI DAN TSUNAMI UNTUK KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTA BANDA ACEH (Misrayana, 2018)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA DAN ENGKLEK GEMPA BUMI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN SISWA MIN RUKOH BANDA ACEH (BUDIMAN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy