//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FARAH ULLYA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Gagal ginjal kronik merupakan penyakit yang membutuhkan hemodialisa yang dapat menyebabkan kecemasan. Kecemasan tersebut dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, pendidikan dan lamanya menjalani hemodialisa. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini berupa deskriptif korelatif melalui desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu 51 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk skala Likert. Data dianalisa secara univariat dan bivariat. Hasil analisa bivariat menunjukkan ada hubungan usia dengan tingkat kecemasan dengan nilai p-value = 0,048 (p˂0,05), ada hubungan jenis kelamin dengan tingkat kecemasan dengan nilai p-value = 0,020 (p˂0,05), ada hubungan pendidikan dengan tingkat kecemasan dengan nilai p-value = 0,048 (p˂0,05), ada hubungan lama hemodialisa dengan tingkat kecemasan dengan n ilai p-value = 0,020 (p˂0,05). Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada perawat yang bertugas di ruang dialisis agar memberikan informasi yang dibutuhkan pasien dan memberikan support system kepada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa agar kecemasan pada pasien dapat diatasi. Kata kunci : Kecemasan, gagal ginjal kronik, hemodialisa Daftar bacaan : 21 buku + 11 jurnal

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERAN PERAWAT PELAKSANA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (RIDHA MUTIA, 2015)

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

STUDI KOMPARATIF TINGKAT KECEMASAN PASIEN YANG MENJALANIRNTERAPI CONTINUOUS AMBULATORY PERITONEAL DIALYSIS (CAPD)RNDENGAN TERAPI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUMRNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH (SRIWAHYUNI, 2015)

ANALISA FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP PASIEN YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Ns. Ainlma. S.Kep, 2014)

KONSEP DIRI PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISA DAN CONTINOUS AMBULATORY PERITONEAL DIALYSIS (CAPD) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2015 (MUSYANATI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy