//

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS X SMA N 16 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT WANTI MEGASARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Megasari, Cut Wanti. 2016. Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Think-Talk- Write (TTW) Pada Materi Statistika di Kelas X SMA N 16 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Dra. Erni Maidiyah, M. Pd., (2) Dra. Yuhasriati, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, model pembelajaran tipe Think-Talk-Write (TTW), materi statistika Matematika memegang peranan yang sangat penting karena dipelajari oleh semua bidang ilmu untuk menganalisa berbagai masalah, mengembangkan daya konsentrasi, meningkatkan kemampuan berfikir logis, kritis, kreatif, rasional serta dinamis sehingga mampu membentuk ide-ide baru yang berguna bagi kehidupan. Akan tetapi, matematika itu kurang dipahami oleh siswa. Agar matematika itu mudah dipahami oleh siswa, maka tugas guru menciptakan proses pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih tertarik belajar matematika. Solusi untuk dapat membuat siswa aktif dalam belajar adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif. Salah satu model dalam pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran tipe Think-Talk-Write (TTW). Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Apakah hasil belajar siswa melalui model Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) pada materi statistika di Kelas X IPS SMA Negeri 16 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan dan (2) Bagaimana respon siswa kelas X IPS SMA Negeri 16 Banda Aceh pada materi statistika terhadap penerapan model pembelajaran tipe Think-Talk-Write (TTW). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dan pengumpulan data dilakukan dengan memberi tes dengan instrumen berupa soal tes dalam bentuk essay pada materi statistika dan angket respon siswa. Data tes diperoleh setelah selesainya penerapan model pembelajaran tipe Think-Talk-Write (TTW). Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji statistik yang sesuai yaitu uji satu pihak, tepatnya uji pihak kanan. Dari hasil pengolahan data didapat t_hitung = 3,42 dan t_tabel = 1,73 atau t_hitung> t_tabel pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran tipe Think-Talk-Write (TTW) pada materi statistika dikelas X IPS SMA Negeri 16 Banda Aceh sudah mencapai ketuntasan belajar dan respon siswa terhadap model kooperatif tipe TTW tersebut adalah positif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKTALK-WRITE(TTW) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIALSISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Nairuz Hanifah, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nori Arjuliadi, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI ALJABAR YANG MELIBATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Fadhilah Ladia, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DAN THINK-TALK-WRITE PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMP NEGERI 1 PANTEE BIDARI ACEH TIMUR (Mahyuna, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENIGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Ernawati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy