//

PENERAPAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Uci Sulfia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: TTS, hasil belajar, aktivitas, koloid. Telah dilakukan penelitian tentang “Penerapan Media Teka-teki Silang pada Materi Sistem Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan peserta didik setelah mempelajari materi sistem koloid dengan penerapan media TTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas, sikap, media TTS, LKPD, tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas, sikap, media TTS, LKPD dan soal tes serta lembar angket tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada aspek pengetahuan 84,37% lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 43,75%. Nilai rata-rata aktivitas peserta didik pada pertemuan pertama dan kedua menggunakan media TTS adalah 91,66% lebih besar daripada kelas kontrol menggunakan LKPD yaitu 75,42%. Tanggapan positif peserta didik terhadap penggunaan media TTS diperoleh persentase 92,27% termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media TTS pada materi sistem koloid dapat menuntaskan hasil belajar peserta didik, meningkatkan aktivitas peserta didik, dan memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Rusliana, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH (Zulfahmi, 2017)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA YANG DIUKUR DENGAN TEKA-TEKI SILANG DAN TES BIASA KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (Fithri Fadhli, 2017)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE (Fauzan, 2018)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DENGAN CHEM-CARD PADA PEMBELAJARAN MATERI HIDROKARBON DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (DIAN ISLAMI ELMADNY, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy