//

ANALISIS EFISIENSI TEKNIS DAN EKONOMISUSAHATANI TAMBAK IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS F) DI KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ikan bandeng merupakan sumberdaya perikanan yang dihasilkan dari budidaya tambak. Usahatani ini dapat menguntungkan jika menghasilkan produksi yang optimal. Namun, produktivitas ikan bandeng yang dihasikan oleh petani tambak di Kabupaten Aceh Utara masih rendah. Hal ini diduga karena petani belum efisien dalam menggunakan faktor-faktor produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi usahatani tambak ikan bandeng dan tingkat efisiensi teknis serta ekonomis usahatani tambak ikan bandeng. Dengan menggunakan data cross section dari hasil survei pada 90 orang petani tambak. Data dianalisi dengan menggunakan stochastic production frontier dan uji efisiensi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi produksi usahatani tambak ikan bandeng adalah luas lahan, gelondongan, pestisida dan pakan. Usahatani tambak di daerah penelitian telah mencapai efisiensi teknis ratarata sebersar 0,81 atau 81 persen, namum belum mencapai efisiensi secara alokatif yaitu sebesar 2,36 dan belum mencapai ekonomis dengan nilai 1,91. Selain itu juga ditemukan Return to Scale sebesar 1,062 pada usahatani tambak ikan bandeng pada kondisi increasing return to scale. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada petani untuk mengoptimalkan penggunaan faktor-faktor produksi yang berberpengaruh signifikan yaitu luas lahan, gelondongan, pestisida dan pakan untuk mencapai full eficiency. Kata Kunci: Efisiensi, Produksi, Fungsi Produksi Stochastic Frontier

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI SELEKTIVITAS PISISSIDA EKSTRAK METANOL DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP MORTALITAS IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) DAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (IKHLASUL AMAL, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN GAMAL(GLIRICIDIA SEPIUM) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (Taufiqul Rusydisyah, 2015)

ANALISIS EFISIENSI TEKNIS DAN EKONOMISUSAHATANI TAMBAK IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS F) DI KABUPATEN ACEH UTARA (RIANI, 2016)

EFEKTIFITAS PEMBERIAN EKSTRAK RIMPANG LENGKUAS (ALPINIA GALANGA LINN) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (EDI MUSLIADI, 2016)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) DAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) DI TAMBAK TRADISIONALRN GAMPONG PANDE, BANDA ACEH (ASIH WULANDARI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy