//

HUBUNGAN PELAYANAN SPIRITUAL YANG DIBERIKAN OLEH PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YESIKA NURDINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 2 Agustus 2016 XIV Halaman + VI Bab + 78 Halaman + 14 Tabel + 1 Skema + 21 Lampiran YESIKA NURDINA 1412101010120 HUBUNGAN PELAYANAN SPIRITUAL YANG DIBERIKAN OLEH PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH ABSTRAK Keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan meliputi bio-psikososio- spiritual. Asuhan keperawatan tidak dapat dipisahkan dari aspek spiritual yang merupakan kebutuhan dasar manusia, jika tidak terpenuhi pasien akan mengalami distres spiritual. Pemenuhan kebutuhan spiritual secara baik akan meningkatkan kepuasan pada pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pelayanan spiritual yang diberikan oleh perawat dengan kepuasan pasien. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif. Populasi penelitian adalah seluruh pasien rawat inap dalam tiga bulan terakhir terdapat 3.547 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 97 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner, yang terdiri dari 16 item pernyataan pelayanan spiritual dalam bentuk likert dan 14 item pernyataan kepuasan pasien. Metode analisis data menggunakan uji statistik chisquare. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada hubungan pelayanan spiritual yang diberikan oleh perawat dengan kepuasan pasien (p-value=0,000) dan ada hubungan pelayanan spiritual yang diberikan oleh perawat ditinjau dari menetapkan kehadiran (p-value=0,001), berdoa (p-value=0,026), dukungan ibadah (p-value=0,001), dan sistem dukungan (p-value=0,006) dengan kepuasan pasien. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelayanan spiritual telah mulai diterapkan sehingga mempengaruhi kepuasan pasien. Diharapkan perawat dapat menfasilitasi pelayanan berdoa dan membantu/membimbing ibadah dengan baik. Kata Kunci : Pelayanan Spiritual, Perawat, Kepuasan Pasien. Daftar Pustaka: 32 buku + 5 jurnal (2011-2015) + 4 Skripsi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PELAYANAN SPIRITUAL YANG DIBERIKAN OLEH PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (YESIKA NURDINA, 2016)

MEKANISME PELAYANAN DAN PENERTIBAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Nasruddin, 2018)

STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)

DIMENSI KEPEMIMPINAN SPIRITUAL KEPALA RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Narawidya Safputri, 2017)

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG INTENSIVE CARE BLUD RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Safrizal , 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy