//

EFEK PATOFISIOLOGI INFEKSI JAMUR PENYEBAB DERMATOFITOSIS PADA KUCING KAMPUNG(FELLIS DOMESTICUS) DI KECAMATAN SYIAH KUALA, KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Walfa Hidayat - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui efek patofisiologi infeksi jamur penyebab dermatofitosis pada kucing kampung (Fellis domesticus) di Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan 10 ekor kucing kampung yang terinfeksi dermatofitosis. Setiap sampel diambil darah perifer di daerah yang terinfeksi dermatofitosis. Sampel darah segar diteteskan pada gelas obyek dan dibuat preparat apus. Preparat apus tersebut dikering anginkan dan difiksasi dengan methanol 10% selama 3-5 menit, dibiarkan mengering di udara. Preparat kemudian diwarnai dengan larutan Giemsa selama 30 menit. Selanjutnya preparat dicuci dengan aquades dan dibiarkan mengering. Setelah kering, preparat dihitung di bawah mikroskop dengan perbesaran 1000x. Setiap jenis leukosit menggunakan blood counter tabulator. Sel yang dihitung paling sedikit 100 sel, dan dilakukan perhitungan persentase jenis leukosit. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan monosit dan eosinofil pada perhitungan jumlah deferensial leukosit. Komponen leukosit yang dapat merespon infeksi jamur adalah monosit. Meningkatnya jumlah eosinofil pada perhitungan deferensial leukosit sering terjadi pada hewan domestik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK PATOFISIOLOGI INFEKSI JAMUR PENYEBAB DERMATOFITOSIS PADA KUCING KAMPUNG(FELLIS DOMESTICUS) DI KECAMATAN SYIAH KUALA, KOTA BANDA ACEH (Walfa Hidayat, 2016)

GAMBARAN LEUKOSIT DARAH KUCING KAMPUNG (FELIS DOMESTICA) DAN KUCING PERSIA (FELIS CATUS) YANG MENDERITA DERMATOFITOSIS (Selvy Yunizar, 2018)

DIAGNOSA KASUS DERMATOFITOSIS PADA KUCING DENGAN WOOD’S LAMP DAN SLIDE CULTURE (Novita Fauziah Putri Pane, 2018)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI KAPANG TRICOPHYTON SP. PENYEBAB DERMATOFITOSIS PADA AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) DI KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (Satria Nugraha, 2015)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI GRAM POSITIF KOKUS PADA KASUS EAR MITES KUCING DOMESTIK (FELIS DOMESTICUS) DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD AROZA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy